hamil
image source: Fox News

Air putih merupakan minuman yang wajib diminum oleh ibu yang sedang hamil agar terhindar dari dehidrasi. Ibu sebaiknya mengonsumsi lebih dari 8 gelas air putih setiap harinya agar kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi. Menurut ahli dari Missouri State University, air putih ini juga membantu memenuhi kebutuhan air ketuban yang melindungi janin. Namun demikian, tak hanya air, berbagai jus untuk ibu hamil pun juga disarankan.

Nah, selain air putih, berikut daftar minuman yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil:

  • Kelapa muda. Yap, banyak yang menyarankan untuk rutin mengonsumsi air kelapa muda karena memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin. Pasalnya, air kelapa muda banyak mengandung elektrolit sehingga dapat membantu memperkuat kandungan. Rasanya yang agak manis juga membantu menghilangkan mual dan kandungannya bisa dengan mudah diserap oleh tubuh serta janin.
  • Susu dan yoghurt. Keduanya mengandung protein serta kalsium yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian dari ibu yang sedang hamil. Kalsium dibutuhkan untuk membantu mempertahankan kepadatan tulang dan protein merupakan kandungan yang dibutuhkan setiap hari. Namun demikian, patut diperhatikan bahwa susu yang dikonsumsi sebaiknya merupakan susu ibu hamil sementara yoghurt-nya merupakan yoghurt rendah lemak dengan rasa plain.
  • Jus buah. Buah mengandung banyak vitamin serta nutrisi yang beraneka. Nah, Ibu bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothies sehingga lebih enak dikonsumsi. Sebagai pilihan, Ibu juga bisa membuat jus jeruk yang segar dan kata akan vitamin C. Jus jeruk mampu mengurangi mual akibat morning sickness serta membuat Ibu lebih bugar.
  • Jahe. Untuk membuat tubuh lebih hangat, Ibu bisa mengonsumsi jahe yang dimasak bersama air gula. Kandungan antiinflamasi, antibakteri, dan antivirusnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta melegakan tenggorokan. Ibu juga bisa mengonsumsinya di malam hari agar tidur lebih rileks.

Itu dia daftar minuman yang bisa dikonsumsi oleh Ibu selama periode kehamilan. Agar tidak bosan, Ibu bisa mengonsumsinya secara bergiliran setiap hari. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi dalam tubuh terpenuhi dan kandungan pun akan lebih sehat. Semoga bermanfaat! (TR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: