Rumah Kebakaran? Lakukan Ini

rumah kebakaranBanyak orang yang belum paham betul manfaatnya, merasa bahwa asuransi kebakaran tidak banyak berguna. Terkadang, meskipun mereka sudah paham manfaatnya, namun pemikiran akan sulitnya melakukan klaim asuransi kebakaran, membuat mereka tetap tidak tertarik mendaftarkan properti mereka. Ketakutan akan kerugian yang akan dirasakan oleh mereka jika klaim asuransi ditolak, juga menjadi salah satu alasannya.

Padahal, sebenarnya asalkan proses klaim ini dilakukan dengan cara yang tepat maka semua akan lancar kok. Bahkan, Anda bisa menikmatis seluruh fasilitas yang tercantum dalam polis, yang mungkin saja nilainya akan lebih tinggi dari nilai premi yang dibayarkan. Nah, untuk membantu Anda agar tidak merasa kebingungan saat ingin mengajukan klaim, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Hubungi agen asuransi

telpBila properti yang diasuransikan mengalami musibah kebakaran, berusahalah agar tetap tenang. Setelah kondisinya memungkinkan, segera hubungi agen asuransi yang menangani polis Anda. Jika Anda tidak mengetahui kontak agen asuransi tersebut, Anda bisa mencoba untuk menghubungi langsung perusahaan asuransi. Hal ini harus segera dilakukan, karena ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan batas waktu maksimal klaim setelah tanggal musibah terjadi. Artinya, jika Anda melewati batas waktu ini, proses klaim tidak akan bisa lagi dilakukan. Selain itu, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada pihak asuransi sebelum melakukan sesuatu terhadap properti atau rumah Anda yang terbakar, kecuali berusaha memadamkan apinya.

Buat laporan kerusakan

Buat laporan kerusakanUntuk langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi blanko yang sudah disediakan oleh perusahaan asuransi. Keterangan yang harus Anda isi yaitu, perkiraan kerugian akibat musibah (kerugian dari nilai properti sendiri, dan berbagai barang atau harta yang berada di dalamnya), penyebab kebakaran (perkiraan), lokasi kebakaran, jumlah harta tersisa (yang tidak ikut terbakar), dan berbagai keterangan lainnya. Jika Anda merasa kebingungan dalam mengisinya, mintalah bantuan pada agen asuransi yang menangani Anda.

Lengkapi dokumen

lengkapi dokumenPersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan. Untuk kejelasan dokumen apa saja yang dibutuhkan, Anda bisa membacanya dalam polis. Sebenarnya, demi keamanan dan kemudahan Anda dalam melengkapi seluruh dokumen, akan lebih baik jika semua dokumen tidak disimpan dalam rumah. Hal ini untuk mengamankan, agar tidak ada dokumen penting yang ikut terbakar saat musibah kebakaran terjadi. Namun, jika seluruh dokumen termasuk polis ikut terbakar, maka Anda bisa meminta bantuan agen asuransi untuk menyiapkan dokumen pendukung lain yang kira-kira dapat digunakan. (Vita)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *