Risiko yang Tidak di Jamin Asuransi Mobil All Risk

perlindungan mobilUntuk yang sudah pernah atau sedang mencicil mobil kesayangan, pasti sudah mengetahui dengan jelas apa itu Asuransi Mobil All Risk. Bahkan, mungkin mereka menggunakan asuransi ini, mengingat ada banyak sekali risiko yang mungkin terjadi pada mobil kesayangan. Pasti tidak mau dong jika mobil yang sudah dibeli dengan susah payah tidak lagi terlihat menarik akibat adanya goresan atau hal lain. Sementara untuk memperbaikinya, membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, untuk yang baru berencana mengajukan kredit pembelian mobil, mungkin masih bingung dengan asuransi ini. Bahkan mungkin, ada yang menganggap asuransi ini akan meng-cover seluruh risiko yang terjadi pada mobil, apapun masalahnya. Padahal, meskipun namanya “All Risk”, ada loh beberapa hal yang ternyata tidak di cover oleh asuransi ini, yaitu:

  • asuransi mobilMobil yang digunakan untuk tindakan kriminal. Yap, asuransi apapun jenisnya, berapapun preminya, pasti tidak akan meng-cover mobil yang digunakan untuk tindakan melawan hukum. Tidak hanya itu saja, terkadang polis asuransi ini secara otomatis juga ikut hangus dan tidak lagi berlaku. Bahkan, hal ini juga bisa membuat hal yang ditanggung oleh garansi mobil menjadi hangus. Beberapa contoh dari tindakan terlarang yaitu digunakan untuk perampokan, pencurian, membawa benda yang melawan hukum (narkotika dan sejenisnya), atau bom bunuh diri dengan menggunakan kendaraan.
  • Kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh penggunaan yang salah. Salah satu contoh dari kesalahan penggunaan ini yaitu membawa muatan secara berlebihan. Kondisi ini tidak hanya berlaku untuk mobil barang saja, tetapi juga mobil pribadi. Biasanya, mobil pribadi yang mengalami masalah kelebihan muatan yaitu mobil pribadi yang digunakan untuk usaha transportasi orang ataupun transportasi barang. Selain itu, mobil biasa yang digunakan untuk menarik kendaraan lain dan mengalami kerusakan, tidak akan di cover oleh asuransi ini. Hal ini disebabkan karena mobil tersebut digunakan untuk melakukan sesuatu yang di luar fungsi aslinya.
  • Mobil yang hilang akibat penggelapan, penipuan atau hipnotis, juga tidak akan di cover oleh asuransi. Mengapa demikian? Karena perusahaan asuransi menganggap ketiga hal ini merupakan keteledoran dari pihak pemilikmobil. Sehingga perusahaan asuransi tidak memiliki kewajiban untuk bertanggungjawab atas kejadian ini.

Jadi, jelas kan, meskipun Anda menggunakan asuransi ini belum tentu semua hal akan ditanggung oleh pihak asuransi. (Vita)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *