Rempah Ini Bisa Digunakan untuk Gantikan MSG

bawangUntuk menghadirkan rasa manis, Anda mungkin terbiasa menambahkan madu untuk mengonsumsi buah seperti buah naga yang punya banyak manfaat. Nah, jika itu untuk menambah rasa manis, bagaimana halnya dengan rasa gurih? Apakah cemilan yang gurih itu termasuk sehat? Definisi dari snack sehat tentunya merupakan cemilan sehat yang tidak mengandung penyedap rasa atau bahkan MSG. Bagi Anda yang ingin membuat cemilan sehat versi Anda sendiri namun tetap memiliki rasa yang enak, mungkin bisa menggunakan rempah alami untuk menggantikan MSG. Berikut ini adalah beberapa rempah yang bisa digunakan:

  • Garam dan gula. Untuk menghadirkan rasa gurih dan manis, Anda bisa menggunakan garam serta gula. Namun demikian, patut diingat pula bahwa garam dan gula ini tidak boleh ditambahkan secara berlebihan. Kelebihan garam bisa membuat Anda hipertensi dan kelebihan gula juga bisa memicu diabetes. Jadi, gunakan seperlunya saja, ya. Atau selain gula, Anda juga bisa menggunakan untuk menghadirkan rasa manis.
  • Lada. Di Indonesia sendiri terdapat dua macam lada untuk menyedapkan rasa. Ada lada putih dan juga lada hitam. Keduanya menghadirkan cita rasa yang berbeda sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai selera. Lada akan membuat rasa masakan agak pedas dan gurih, tanpa harus menggunakan cabai.
  • Bawang. Selain yang sudah disebutkan di atas, untuk membuat makanan terasa gurih dan wangi, Anda juga bisa menggunakan bawang sebagai gantinya. Bawang merah dan bawang putih bisa ditumis atau ditumbuk bersama bumbu lain untuk memperkuat cita rasa makanan Anda.
  • Terasi. Mungkin Anda jarang menggunakan terasi sebagai penyedap rasa karena baunya yang kuat. Akan tetapi, terasi ini bisa membuat makanan menjadi lebih sedap dan juga gurih lho. Entah itu untuk memasak nasi goreng, menumis sayuran, atau bahkan penyedap sambal. Terasi sendiri merupakan bumbu yang dihasilkan dari bubuk ikan serta udang yang telah melewati proses fermentasi.
  • Kaldu. Terakhir, Anda juga bisa menggunakan kaldu untuk membuat makanan terasa lebih gurih. Cara membuat kaldu sebenarnya cukup mudah, hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda perlu merebus tulang ayam dalam air selama kurang lebih tiga jam. Nah, air rebusan dari tulang ini akan menghasilkan kaldu yang sedap dan gurih. Nantinya, Anda bisa menggunakan kaldu ini sebagai kuah sup untuk selanjutnya dikreasikan.

Itu dia beberapa bahan penyedap rasa alami nan sehat. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *