Redakan Kolesterol dengan Konsumsi Oatmeal

Anda percaya dengan iklan produk sereal yang mengatakan bahwa mengonsumsi oatmeal dapat menurunkan kolesterol? Ternyata hal ini memang benar. Oatmeal memiliki manfaat yang dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Bagaimana caranya?

OatmealSebelum membahas bahwa mengonsumsi oatmeal dapat meredakan kolesterol, sebaiknya kita bahas dahulu lebih lanjut tentang pengertian kolesterol. Kolesterol adalah senyawa lemak yang diproduksi di hati dan bisa juga diproduksi dari makanan. Kolestrerol sebenarnya berfungsi untuk memproduksi vitamin D, membangun sel baru, dan membantu empedu untuk mencerna lemak. Namun jika jumlahnya berlebihan dalam tubuh, kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah dan menimbulkan penyakit.

Nah, oatmeal dapat berperan sebagai penurun kolesterol melalui serat yang dikandungnya. Serat yang terdapat pada oatmeal berguna untuk menyerap dan mengikat zat di saluran pencernaan, termasuk kolesterol. Setelah itu, koleseterol akan dikeluarkan bersama feses, sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh pun dapat berkurang. Akan tetapi, mengonsumsi oatmeal juga tidak boleh sembarangan karena bisa menjadi penyebab kolesterol tak kunjung turun. Hindari mengonsumsi oatmeal dengan cara berikut ini.

Cara Mengonsumsi Oatmeal yang Kurang Tepat

  • Terlalu manis. Terkadang oatmeal paling nikmat disajikan bersama topping tertentu. Namun, topping yang terlalu manis justru malah membuat tubuh menyimpan lemak karena kadar gulanya yang tinggi, lho.
  • Porsi terlalu banyak. Sebelum diseduh, memang porsi oatmeal kelihatannya tidak mengenyangkan. Padahal setelah diseduh atau dimasak, oatmeal akan mengembang dan porsinya pun cukup untuk membuat perut Anda kenyang.
  • Menyantap oatmeal siap saji. Buat Anda yang berniat mengonsumsi oatmeal untuk menurunkan kolesterol, lebih baik pilih oatmeal yang dimasak terlebih dahulu. Sebab oatmeal siap saji cenderung mengandung kadar gula yang lebih tinggi.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi oatmeal untuk meredakan kolesterol, sebaiknya rutin mengonsumsinya saat sarapan. Akan lebih baik juga jika hanya ditambahkan dengan pemanis rendah lemak atau bahkan tanpa pemanis apapun. Meskipun rasanya agak hambar, justru oatmeal seperti inilah yang efektif untuk meredakan kolesterol. Selain meredakan kolesterol, oatmeal juga dapat membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Jadi mulai sekarang, yuk rutin konsumsi oatmeal! (Rima)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *