Pencegahan Alzheimer Perlu Dilakukan Sejak Usia Muda

sakit Alzheimer
image source: Atsirich

Penyakit alzheimer umumnya dirasakan oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun, bukan berarti orang-orang yang masih berusia muda tidak perlu mengkhawatirkannya. Penyakit alzheimer justru harus dicegah semenjak masih muda. Alzheimer merupakan sindrom yang terjadi karena adanya sel-sel otak yang tidak berfungsi dalam kurun waktu hampir bersamaan. Akibatnya, otak akan terlihat mengerut dan mengecil yang menyebabkan beberapa gejala, seperti melemahnya daya ingat, kemampuan nalar yang menurun, hingga kesulitan memproses bahasa. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Untungnya, jika telah memiliki asuransi kesehatan syariah, beban finansial untuk biaya pemeriksaan dapat berkurang. Selain melakukan pemeriksaan, tentunya ada banyak hal lain yang masih bisa dilakukan.

Tentunya selain menjalani pemeriksaan rutin masih ada banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah alzheimer. Yuk simak beberapa upaya di bawah ini!

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan

Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Tak perlu bingung, ada banyak makanan yang menjadi sumber antioksidan. Mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, hingga kacang-kacangan. Jangan lupa untuk mengolahnya dengan cara yang sehat juga ya.

  • Mengurangi konsumsi lemak

Meskipun lemak dibutuhkan sebagai cadangan energi tubuh tapi jumlahnya tidak boleh melebih batas. Kelebihan lemak di dalam tubuh justru akan menimbulkan berbagai macam risiko penyakit, salah satunya adalah alzheimer. Sebab, lemak yang berlebih dapat menghambat kerja sel-sel otak.

  • Berhenti merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkolhol memiliki beberapa efek samping terhadap kesehatan yang salah satunya dapat meningkatkan risiko alzheimer. Untuk itu, mulai jauhi kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol.

  • Rajin membaca

Untuk menjaga kesehatan otak, otak harus tetap dilatih supaya tetap aktif. Oleh karena itu, biasakanlah untuk melakukan kegiatan yang dapat mengasah kemampuan otak. Misalnya seperti membaca buku, belajar, dan bermain games yang dapat melatih kemampuan berpikir.

  • Olahraga rutin

Selain menjaga pikiran agar tetap aktif, olahraga pun perlu dilakukan secara rutin agar fisik tetap aktif. Karena itu, biasakanlah olahrag apaling tidak 2,5 jam selama seminggu.

Itu dia beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah alzheimer. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *