Pemilik Mobil Wajib Tahu Perawatan Dasar Mobil Ini

perawatan mobil
image source: Bankrate

Bila kita lihat, semakin hari, pemilik kendaraan mobil di Indonesia semakin bertambah jumlahnya.  Namun di antara banyaknya pemilik mobil ini, mereka rata-rata hanya tahu cara menggunakan tanpa paham mengenai perawatan kendaraan mereka. Apalagi sampai tahu harga oli mobil yang mereka gunakan. Dijamin deh, pasti mereka akan menjawab dengan asal jika ditanya. Padahal mengetahui cara merawat kendaraan dengan benar sama pentingnya dengan mengetahui trik untuk menghindari modus dometer rendah saat membeli mobil bekas.

Sebenarnya mengetahui bagaimana cara perawatan mobil adalah hal wajib bagi setiap pemilik mobil. Tidak perlu yang terlalu rumit, setidaknya Anda mengetahui beberapa jenis perawatan dasar saja seperti berikut ini:

Pengecekan sebelum bepergian

Melakukan pengecekan kesiapan mesin sebelum bepergian adalah hal yang penting karena berkaitan langsung dengan keamanan dan kenyamanan berkendara. Untuk dampak terkecilnya saja, mungkin saja suatu saat mesin mobil mengalami masalah ketika sedang digunakan. Padahal masalah ini bisa dicegah jika Anda melakukan pengecekan. Misalnya saja seperti radiator yang berada pada batas minimal sehingga menyebabkan mesin panas saat digunakan, terutama ketika jalanan padat merayap. Selain itu, pengecekan kendaraan sebelum bepergian ini juga berkaitan erat dengan keselamatan saat berkendara. Misalnya mengecek ban mobil untuk memastikan ban mobil aman dan tidak berisiko mengalami pecah ban saat digunakan, atau memastikan wipper bekerja dengan baik sehingga mobil aman digunakan saat hujan.

Kebiasaan yang dapat merusak

Kebiasaan Anda menyetir juga bisa menjadi salah satu cara perawatan mobil, loh. Jika Anda mengendarai mobil dengan cara yang benar, maka akan meminimalis risiko kerusakan pada mobil. Terutama untuk mobil matic yang cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual. Salah satu kesalahan berkendara yang cukup sering dilakukan oleh para pengendara mobil matic yaitu menggunakan gigi “P” saat dalam kondisi macet dan berada di jalan tanjakan atau turunan. Sementara untuk pengguna mobil manual ataupun matic, salah satu kesalahan yang umum dilakukan yaitu memutar stir mobil terlalu cepat hingga mentok.

Jadwal pemeriksaan kendaraan

Jangan hanya tahu mengendarai saja dan mengabaikan jadwal pemeriksaan kendaraan. Sama halnya dengan mesin lain, mobil juga akan rusak jika digunakan terus menerus tanpa dilakukan perawatan berkala. Jenis perawatan apa yang dibutuhkan selain ganti oli akan diketahui setelah dilakukan pemeriksaan kendaraan oleh ahlinya. Meskipun Anda memiliki anak buah yang bertugas untuk membawa mobil Anda ke bengkel, setidaknya Anda mengetahui jadwalnya jadi Anda dan anak buah tersebut bisa saling mengingatkan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *