Netflix Hadir di Indonesia

nefllix indonesiaTanggal 7 Januari 2016 mungkin menjadi hari yang bersejarah untuk para penggemar film. Pasalnya, situs layanan video streaming terbesar di dunia, yakni Netflix telah hadir di Indonesia. Netflix secara serempak merilis layanan mereka di 130 negara, sekaligus Indonesia, pada hari yang sama. Dalam situs ini, pengguna bisa menikmati tayangan berupa film ataupun serial televisi—di mana pun dan kapan pun. Hanya saja, kejernihan gambarnya sangat bergantung pada kecepatan provider internet yang digunakan.

CEO Netflix, Reed Hastings, dalam presentasinya di Consumer Electronic Show di Las Vegas, menyatakan bahwa hampir sebagian besar negara di dunia telah terkoneksi dengan Netflix mulai dari Singapura hingga St. Petersburg dan dari San Fransisco ke Sao Paulo. Layanan streaming, kini tidak lagi terbatas di beberapa wilayah saja. Sejak diluncurkan pada tahun 2007, Netflix memang sudah berkembang hingga menjadi sebesar sekarang. Netflix memang belum tersedia di China, namun perusahaan tersebut berjanji untuk mengusahakannya.

Dalam peluncurannya, Netflix menyediakan kesempatan gratis untuk mencicipi layanan mereka selama satu bulan, khusus untuk pengguna Indonesia. Layanan ini bisa dinikmati sejak tanggal 7 Januari hingga 7 Februari 2016. Setelahnya, pengguna akan dikenai bayaran sesuai paket, yang terdiri atas 3 pilihan: Basic seharga Rp109.000, Standard seharga Rp139.000 (termasuk konten HD dan 1080p), dan juga Premium seharga Rp169.000 (termasuk konten Ultra HD, 2160p). Untuk bahasa, Netflix menyajikan dalam bahasa Korea, Jepang, dan China. Bahasa Indonesia hingga saat ini belum ditambahkan ke dalam layanan subtitle, namun Hastings berjanji akan menambahkannya dalam waktu dekat.

Servis Netflix membutuhkan kecepatan internet setidaknya 0.5 Mbps. Sangat disarankan untuk mendapatkan kecepatan sekitar 3.0 Mbps untuk dapat menonton tayangan dengan Standard Definition (SD), 5.0 Mbps untuk konten HD, dan 25 Mbps untuk Ultra HD. Hanya saja, tidak semua film yang tersedia di Amerika bisa disaksikan di Indonesia. Tayangan populer seperti Ip Man, Breaking Bad, New Girl, The Flash, Agent of Shield, Parks and Recration, dan House of Cards tidak bisa diakses di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *