Negara-Negara dengan Asuransi Kesehatan Terbaik

korea selatan
image source: Concept News Central

Asuransi kesehatan bisa dibilang salah satu produk asuransi yang cukup popular dikarenakan asuransi dapat membantu cover biaya pengobatan jika pemengang premi sakit. Dengan biaya berobat yang semakin tinggi tentu tidak heran jika asuransi kesehatan semakin popular akhir-akhir ini. Bahkan makin banyak generasi muda membeli asuransi sebagai jaminan perlindungan. Bukan hanya kita saja yang berpikir asuransi kesehatan itu penting tetapi juga pemerintah. Pemerintah kita sendiri sudah mengeluarkan asuransi kesehatan negara (BPJS) yang bisa digunakan siapa saja dengan harga premi yang masih cocok dengan kantong. Dan ternyata banyak loh negara-negara yang sudah mengeluarkan asuransi kesehatan terbaik untuk warganya. Negara mana yang memiliki asuransi kesehatan yang baik untuk warganya? Berikut daftar berdasarkan Liputan 6:

Jepang

Sistem asuransi kesehatan yang dimiliki Jepang agak mirip dengan sistem asuransi kesehatan Jerman dengan berbagai perubahan agar sesuai dengan kebutuhan warga Jepang. Yang mengurusin asuransi kesehatan negara ini diserahkan langsung pada setiap pemerintah daerah. Sedangkan untuk asuransi kesehatan pekerja atau karyawan di atur dengan UU Asuransi Sosial Kesehatan terpisah. Dan pemerintah sendiri sangat memperhatikan asuransi kesehatan karyawan, ini dapat dilihat bahwa sejak tahun 1922 pemerintah terus mencari cara memperluas cakupan asuransi kesehatan. Salah satu cara yang digunakan adalah menerbitkan UU Asuransi Nasional.

Dengan adanya asuransi kesehatan dari negara, peserta dan anggota keluarganya perlu membayar biaya antara 20% – 30% dari biaya pengobatan.

Korea Selatan

Sejak desember 1963, Korea Selatan sudah mewajibkan setiap perusahaan dengan karyawan minimal 500 wajib untuk menyediakan asuransi kesehatan bagi mereka. Tidak berhenti di sana, pekerja mandiri pun diwajibkan memiliki asuransi dan akhirnya pada tahun 1989, seluruh warga Korea Selatan sudah memiliki asuransi. Namun pengelolaannya masih dianggap tidak efesien karna hal ini dikelola lebih dari 300 badan asuransi yang bersifat nirlaba. Akhirnya pada tahun 2000, semua asuransi sosial di Korea Selatan hanya diatur oleh 1 badan nasional dengan premi asuransi berhasil ditekan maksimum 8% dari gaji dimana ditanggung bersama oleh karyawan, perusahaan pemberi kerja dan pemerintah.

Belanda

Percaya atau tidak, negara ini pernah dinobatkan sebagai negara dengan asuransi kesehatan terbaik di seluruh dunia. Sistem asuransinya mirip dengan sistem asuransi Jerman, tentu dengan berbagai penyesuaian. Asuransi kesehatan nasional Belanda dengan resiko biaya medis yang besar dikelolah oleh Algemene Wet Bijzondere Ziektekosten (AWBZ) sedangkan UU Sickness Funds Act digunakan untuk mengatur pelayanan kesehatan yang tidak mahal.

Wah ternyata pemerintah negara-negara lain juga konsen banget dengan asuransi kesehatan seperti negara kita. Dan semoga asuransi kesehatan nasional negara kita juga semakin baik agar setiap penduduk Indoensia bisa mendapatkan pelayanan terbaik. -hm-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *