Negara dengan Sistem Health Care Terbaik di Dunia

pelayanan health care
source image: Bureau of Economic Analysis

Pernah mendengar istilah health care? Bila Anda berkecimpung dalam bidang kesehatan mungkin istilah tersebut, namun tidak untuk semua orang. Jadi apa itu health care? Istilah tersebut berarti kegiatan perawatan atau peningkatan kondisi kesehatan seseorang dengan menggunakan tindakan medis, seperti diagnosis, pengobatan, serta pencegahan terhadap penyakit atau kecelakaan/luka. Bagi suatu negara, memiliki sistem health care terbaik merupakan sesuatu yang penting demi keberlangsungan hidup sekaligus kebahagiaan penduduknya.

Lalu, negara mana sajakah yang memiliki sistem health care terbaik di dunia? Cek beberapa di antaranya pada daftar berikut ini:

Perancis

Negara yang identik dengan kisah romatis ini telah bertahun-tahun menempati urutan teratas sebagai negara dengan sistem kesehatan terbaik, termasuk oleh WHO (World Health Orgnization). Hampir semua penduduk di Perancis terjamin layanan kesehatannya dengan adanya asuransi kesehatan yang merupakan gabungan antara asuransi pribadi dengan asuransi dari pemerintah. Pemerintah Perancis membayarkan sekitar 70% dari jumlah biaya medis penduduknya. Perancis bahkan dilaporkan sebagai negara dengan jumlah kematian terendah karena adanya pencegahan dengan asuransi kesehatan.

Italia

Italia merupakan salah satu negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Ini tidak lepas dari perlindungan kesehatan dari pemerintah Italia, yang mengcover hampir seluruh penduduknya. Berbeda dengan Perancis, di mana penduduknya memiliki perlindungan asuransi dari swasta dan pemerintah, maka penduduk Italia hanya memiliki perlindungan dari pemerintah saja. Perlindungan kesehatan dari pemerintah memungkinkan penduduknya untuk melakukan kunjungan rumah sakit seperti melakukan medical check up secara rutin serta tindakan medis secara gratis. Sementara untuk biaya obat mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Andorra

Negara Andorra menggunakan sistem kesehatan mengikuti sistem health care dari Perancis. Tidak heran, negara kecil ini masuk dalam peringkat tinggi pada hasil evaluasi sistem kesehatan oleh WHO. Sistem health care di Andorra dijalankan sepenuhnya oleh pemerintah dan hanya sekitar 8 persen dari penduduk Andora yang tidak memiliki asuransi kesehatan.

Singapura

Negara tetangga Indonesia ini memiliki sistem health care gabungan, dimana pada untuk perlindungan dasar dicover oleh pemerintah. Sementara perlindungan tambahan bisa didapatkan dari perusahaan swasta. Pemerintah juga memegang peranan dalam mengatur perusahaan swasta tersebu sekaligus menentukan harga asuransi.

Itu tadi beberapa negara dengan sistem health care terbaik di Indonesia. Kita harapkan saja beberap tahun ke depan Indonesia bisa menjadi salah satunya.  (Raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *