Nakajima Library, Perpustakaan Tercantik di Jepang

perpustakaan Nakajima
image source: web.aiu.ac.jp

Pernah dengar tentang Nakajima Library? Perpustakaan ini berada di Jepang dan ternyata cukup populer lho. Jika kalian akan pergi ke Jepang, silakan mampir ke perpustakaan ini karena dijamin kalian tidak akan menyesal saking indahnya perpustakaan ini. Lumayan, bisa menjadi investasi untuk pengalaman seumur hidup, bukan?

Berada di Akita International University, perpustakaan ini dikenal sebagai perpustakaan tercantik di Jepang berkat interiornya yang menawan. Ya, berbeda pada perpustakaan pada umumnya yang hanya dipenuhi dengan rak-rak tinggi penuh buku, perpustakaan ini didesain menyerupai coliseum dengan detail kayu yang ciamik.

Dibangun pada tahun 2008, Nakajima Library terinspirasi dari Roman Colosseum dengan desain melingkarnya. Tidak heran, interior perpustakaan ini pun dibuat menyerupai colosseum dengan lantai berundak dan bentuk yang melingkar. Atapnya dibuat dari kayu cedar yang wangi dan bisa menghadirkan sensasi menenangkan.

Nakajima Library dikenal sebagai ‘library that doesn’t sleep’ atau ‘perpustakaan yang tidak pernah tidur’. Hingga saat ini, Nakajima menjadi satu-satunya perpustakaan yang buka sepanjang hari dan sepanjang tahun, tanpa pernah tutup.

Mengingat perpustakaan ini kerap digunakan oleh mahasiswa untuk belajar sepanjang malam, maka ruang belajar pun dibuat senyaman mungkin dan bebas dari gangguan. Untuk kursinya pun diatur, bisa dipilih sesuai dengan tinggi badan karena kursi kayu yang ada tidak serupa antara satu dengan yang lainnya. Semua hal yang ada di perpustakaan ini dibuat dengan berbagai pertimbangan, untuk membuat penggunanya nyaman berada di perpustakaan dalam waktu yang lama.

Nakajima Library memiliki total 75.000 buku koleksi, termasuk di dalamnya 200 jenis majalah dan Koran serta 3.000 materi audio-visual. Dari total tersebut, 60% di antaranya adalah buku berbahasa asing sehingga wisatawan asing bisa menikmati buku-buku yang tidak berbahasa Jepang. Terdapat pula ebook dan online database yang membahas beragam topik.

Perpustakaan ini bisa dikunjungi oleh siapa saja. Namun, hanya mahasiswa dan staf pengajar saja yang diperbolehkan menggunakan perpustakaan dan fasilitasnya selama 24 jam. Jadi, masyarakat umum boleh berkunjung ke sini pada jam buka yakni jam 9 pagi hingga 10 malam di hari biasa dan jam 9:45 pagi hingga 6 sore di akhir pekan.

Berminat untuk mengunjunginya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *