Mobil Mogok di Tol? Segera Lakukan Cara Ini!

mobil mogok
image source: IndonesiAutosBlog

Panik, itulah kata yang bisa diungkapkan jika mobil tiba-tiba mati di tengah jalan tol. Memang, kejadian ini hampir dialami oleh semua pengemudi, akan tetapi jika terjadi di jalanan bebas hambatan tentu pengemudi pun akan sulit menemukan bengkel perbaikan mobil. Sekalipun sudah memiliki asuransi mobil komprehensif yang dapat menanggulangi semua kerusakan yang terjadi pada mobil, akan tetapi tentu tidak akan langsung datang pada saat dibutuhkan.

Untuk itu, apabila Anda mengalami mobil mogok ketika berada di jalan tol, maka cobalah untuk melakukan beberapa hal ini, diantaranya sebagai berikut rangkuman dari liputan6:

  • Pinggirkan mobil ke bahu jalan. Pada saat mogok, langsung meminggirkan mobil Anda ke bagian bahu jalan. Ini dilakukan untuk menghindari supaya tidak mengganggu pengendara lain sekaligus tidak menimbulkan kemacetan. Jika memungkinkan, aturlah posisi mobil tersebut dimana bagian kirinya menapaki tanah ataupun rerumputan.
  • Langsung beri pengaman. Apabila Anda memiliki segitiga pengaman, pasanglah segitiga tersebut di bagian belakang mobil sejauh 10 meter. Akan tetapi, jika jalanan yang dilalui macet parah, maka Anda bisa memberi pengamanan dengan jarak sekitar 5 meter dari tempat pemberhentian mobil. Hal ini bertujuan untuk memberitahu pengendara lain jika mobil Anda sedang mogok ataupun tidak bisa dinyalakan, itulah sebabnya segera lakukan sebelum mencari tahu penyebab mobil mogok tiba-tiba.
  • Jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard. Jika mogok terjadi pada malam hari, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard mobil, Tujuannya untuk memberitahu kepada mobil lain, jika sedang ada mobil yang mogok atau mati sehingga mereka lebih berhati-hati ketika mengendarai kendaraan.
  • Hubungi langsung pihak pengelola jalan. Setelah semua hal di atas dilakukan, langkah selanjutnya adalah langsung menghubungi pihak pengelola jalan. Biasanya, nomor kontak dari pengelola ini bisa ditemukan di sekitar jalan. Atau apabila Anda tidak menemukannya, bisa dicari di situs pencari dengan alamat sesuai dengan tempat terjadinya pemogokan.

So? Mulai dari sekarang jangan langsung panik ketika mobil mogok di tol, ya. 😊 –SH–

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *