minyak zaitunMinyak zaitun yang banyak dijual di toko jual minyak zaitun ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk menghindari penyakit kanker, mencegah sakit jantung, menjaga kesehatan tubuh, dan sebagainya, Namun demikian, minyak zaitun ini ternyata tidak selalu bagus untuk tubuh jika tidak diolah dengan baik. Oleh sebab itu, kenali berbagai jenis minyak zaitun untuk digunakan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada beberapa jenis minyak zaitun dengan berbagai pengelolaannya. Pertama jenis extra virgin, minyak tersebut tidak dapat digunakan untuk memasak langsung. Maksimalkan penggunaannya hanya untuk salad atau tambahan hidangan yang sudah siap untuk disajikan. Apabila digunakan untuk menggoreng atau memasak dengan suhu tinggi, akan menghilangkan berbagai manfaat kandungan di dalamnya. Lalu, apabila terlalu lama dimasak dan mengeluarkan asap, akan berbahaya karena asap tersebut beracun. Asap tersebut melepaskan radikal bebas sehingga dapat memicu kanker.

Jenis kedua dari minyak zaitun adalah virgin olive oil. Minyak ini menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin menikmati minyak zaitun yang kaya khasiatnya dengan harga terjangkau. Tidak jauh beda dengan extra virgin, minyak ini juga dapat Anda gunakan untuk campuran salad atau makanan lainya. Aturan yang sama juga berlaku pada virgin olive oil, yaitu tidak cocok untuk dibuat masak sembari dipanaskan di atas bara api kompor. Jenis ini juga sama dengan extra virgin, memiliki titik suhu rendah. Ketika dipanaskan sebentar, akan mudah terbakal/berasap dan kehilangan khasiatnya.

Jenis ketiga, Refined olive oil, merupakan minyak zaitun yang melewati proses penyaringan. Namun sayangnya, proses penyaringan ini mengurangi kandungan antioksidan di dalamnya. Minyak zaitun tipe ini memiliki daya tahan lebih lama dan bisa digunakan untuk deep fry. Terdapat dua jenis lagi dalam refined olive oil, yaitu pure olive oil dan light olive oil. Inilah jenis minyak zaitun yang paling banyak beredar di pasaran. Dari segi kualitas, minyak ini tentu tak sebaik extra virgin maupun virgin olive oil. Sebab,jenis ini memiliki titik asap tinggi, sehingga dapat digunakan untuk menggoreng dan mengolah berbagai masakan, namun khasiatnya yang mengurang.

Semua jenis minyak zaitun akan menyumbang 120 kalori. Apabila penggunaan tidak dikontrol dengan baik, tubuh akan mengalami asupan kalori yang berlebihan.Menariknya, tidak hanya makanan, minyak zaitun ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kilauan rambut dancocok dijadikan sebagai salah satu tips mudah merawat rambut supaya tetap sehat karena kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, vitamin, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: