minum kopi
image source: Lensdrop

Bagi para pekerja, kopi bagaikan dopping yang harus dikonsumsi setiap pagi. Kalau tidak dikonsumsi, rasa kantuk, lemas, bahkan pusing, pasti langsung dirasakan. Percuma deh sudah mengonsumsi vitamin untuk tubuh fit setiap hari kalau tidak minum kopi. Rasanya tetap saja lemas. Padahal, kopi tak selamanya bagus untuk kesehatan. Jika terus menerus dikonsumsi, bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, lho.

Namun demikian, tidak perlu panik dulu. Kita boleh kok minum kopi, asal tahu caranya. Menurut TIME, begini cara mengonsumsi secara sehat:

  • Awali dengan air putih. Hayoo, siapa nih yang pagi-pagi langsung ‘menyiram’ lambung dengan kopi dengan alasan tidak bisa survive tanpa kopi? Well, sebagian besar dari kita melakukannya bukan? Nah, sebetulnya hal ini salah besar, lho. Kafein bersifat diuretik yang memicu kehilangan cairan sehingga kalau kita langsung minum kopi di pagi hari, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi. Untuk itu, selalu awali pagi hari dengan minum air putih sebelum mengonsumsi kopi. Tidak hanya itu, pastikan pula bahwa perharinya, konsumsi air putihmu sudah cukup, ya.
  • Jangan gunakan pemanis. Kopi memang terasa lebih nikmat kalau dicampurkan dengan gula pasir, susu, ataupun krim. Hanya saja, kopi yang sudah dicampur seperti ini justru bisa membawa masalah untuk tubuhmu di masa mendatang. Entah itu obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi kopi hitam saja karena lebih sehat.
  • Tambah rempah. Jika kamu memang tidak bisa minum  kopi hitam saja, menambahkan rempah ke dalamnya juga diperbolehkan, lho. Kayu manis, jahe, pala, dan juga cengkeh merupakan beberapa rempah yang disarankan untuk dicampur ke dalam kopi. Pasalnya, rempah-rempah tersebut bisa meningkatkan asupan antioksidan serta menambah kenikmatan kopi.

Nah, ternyata kita tetap bisa ya menikmati kopi sembari menjaga kesehatan kita. Untuk itu, mulai dari sekarang, biasakan untuk mulai membatasi konsumsi kopi sembari menerapkan tips di atas. Hindari juga mengonsumsi kopi dengan pemanis buatan seperti gula, krim, dan semacamnya. Semoga membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: