Merawat Keset agar AWET

 

keset
image sourcw

Membersihkan keset dengan tepat hanyalah salah satu cara merawat keset dengan benar. Masih banyak hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar keset rumah bisa bertahan lebih lama alias awet. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu tahu:

  • Jangan biarkan keset basah terlalu lama. Jika keset sudah terlalu basah langsung keringkan dengan cara dijemur pada rak walaupun belum dicuci. Hal ini untuk menghindari keset yang berjemur. Selama dikeringkan, gunakan keset kering lain sebagai peggantinya.
  • Gunakan keset yang cocok dan sesuai kebutuhan. Contoh teras rumah lebih cocok menggunakan keset anyaman rami / ijuk atau keset karet, kamar mandi cocok dengan keset kain yang bisa menyerap air dengan baik.
  • Pada saat memilih keset, kamu perlu memastikan keset tersebut tidak licin. Untuk mencobanya gampang banget, coba letakin ke lantai keramik dan bersihkan kakimu dengan keset tersebut. Jika kesetnya bergerak dan kamu merasa akan jatuh berarti keset tersebut licin. Dimanapun keset akan diletakan, pastikan keset tidak licin demi keamanan kamu dan keluarga.
  • Simpan keset yang sudah bersih di lemari atau tempat yang tidak lembab. Jangan biarkan kesetmu berjamur dengan mudah.
  • Siapkan setidaknya 2 pasang keset untuk setiap lokasi yang kamu inginkan sehingga kamu punya keset pengganti ketika keset yang satunya sedang dicuci.
  • Jangan menggunakan sikat terutama sikat besi saat proses cuci keset agar tidak merusak kesetmu.

Ternyata mudah ya menjaga keset tetap awet untuk jangka wakt yang lama. Selain informasi di atas, masih ada satu informasi lagi yang mau dibagi yaitu cara mencuci keset dari anyaman. Keset yang terbuat dari anyaman rami atau ijuk sangat bagus digunakan untuk teras rumah karena keset ini memudahkan kotoran basah atau kering terlepas dari kaki dan bahannya yang berbeda membuat cara penyuciannya dgn keset lain berbeda. Berikut ini cara mencucinya:

  • Untuk membersihkannya kibas-kibaskan keset atau pukul dengan sapu lidi agar semua kotoran seperti pasir terlepas dengan mudah
  • Setelahya celupkan keset dengan air yang sudah dicampur dengan deterjen secara berulang-ulang. Bilas dengan air bersih untuk memastikan keset bersih dari kotoran dan sabun
  • Jemur keset dengan digantung pada rak jemuran hingga kering.

Dan tahu gak sih keset bisa menambah nilai arsitik yang dapat meningkatkan nilai hingga rumah atau apartemen mudah dijual. Semoga berguna – hm-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *