minat baca onlineDengan adanya layanan paket internet cepat dan murah yang banyak ditawarkan oleh provider internet sekarang ini, rasanya kehidupan kita perlahan-lahan mulai berotasi di sekitar perangkat elektronik, ya. Benar nggak, sih? Akibatnya, kita sering banget berhubungan langsung dengan ponsel tapi mulai menjauh dengan buku. Sekalinya baca buku, pasti deh nggak lama kemudian kita akan langsung menaruhnya kembali dan mengecek sosmed kita. Benar, kan?

Keadaan ini tentunya sangat memprihatinkan. Bahkan, Kemendikbud sempat melakukan penelitian tentang minat baca remaja di Indonesia. Hasilnya cukup mencengangkan karena ternyata minat baca remaja di Indonesia, khususnya di ibukota menurun dengan drastis. Contoh nyatanya, lihat saja ketika di dalam kereta atau di halte, kita lebih sering melihat remaja sibuk dengan ponselnya dan jarang melihat remaja membaca buku, bukan?

Nah, kalau kamu sedang ingin menumbuhkan minat baca di kehidupan sehari-hari, cobain tips ini yuk!

  1. Mulai membaca dari genre yang disukai. Kalau kamu tergolong remaja yang suka dengan genre romance atau science fiction, kamu bisa nih mulai membaca dari buku-buku dengan tema tersebut. Membaca sebuah buku yang kita suka akan terasa sangat menyenangkan dan tidak menjadi beban. Semakin banyak membaca, percaya deh kalau minat baca itu akan tumbuh perlahan-lahan.
  2. Rajin mengunjungi toko buku atau perpustakaan. Di dunia ini, ada banyak sekali buku yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya. Rajin mengunjungi tempat yang berhubungan dengan buku bisa memberi insight alias pencerahan terhadap buku yang belum penah kita baca. Siapa tahu, saat jalan-jalan ke dua tempat ini, kita bisa menemukan buku yang bisa dibaca berikutnya J
  3. Bawa buku ke mana pun kamu pergi. Coba deh terapkan pada diri kamu sendiri: alih-alih membunuh waktu dengan melihat ponsel (saat menunggu, di jalanan, atau saat bosan), kali ini isi dengan membaca buku. Kamu akan takjub dengan betapa efektifnya cara ini dan seberapa cepat kamu selesai membaca dengan kegiatan kecil ini.

Gimana? Ternyata menumbuhkan semangat membaca tuh mudah, bukan? Yuk, mulai membaca dan sebarkan virus baik ini ke orang-orang di sekitar kamu (Tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: