Salah satu alat berat yang populer di kalangan masyarakat adalah crane. Crane sendiri merupakan salah satu jenis alat berat lifting yang biasa dipergunakan dalam sebuah proyek konstruksi. Cara kerjanya adalah dengan mengangkat satu material dari satu titik ke titik lain yang diinginkan. Material yang diangkat merupakan material yang berbobot besar sehingga tidak mungkin dipindahkan secara manual. Oleh sebab itu, karena beban yang ditanggung cukup berat, perawatan spare part alat berat jenis crane ini pun harus selalu diperhatikan agar performanya bisa maksimal.

Nah, untuk membuat Anda lebih memahami tentang crane ini, berikut adalah jenis-jenis crane yang berada di tengah masyarakat. Antara satu crane dengan crane lainnya memiliki perbedaan yang sektor penggunaan tersendiri sehingga pembedaan ini membuat Anda lebih mudah memahaminya.

Tower Crane

Tower CraneJika Anda sering melewati lokasi konstruksi gedung bertingkat dan melihat sebuah crane yang dipergunakan untuk memindahkan material dari satu titik ke titik lainnya, itulah yang dinamakan tower crane. Sesuai dengan namanya, crane ini memang sering dipergunakan dalam pembangunan gedung dan juga jembatan. Hanya saja, tower crane bukanlah jenis crane yang bisa dengan mudah berpindah tempat sehingga butuh penanganan khusus untuk tiba di lokasi pembangunan.

Mobile Crane

Mobile CraneCrane jenis mobile crane ini merupakan crane yang sangat fleksibel karena mampu berpindah tempat dengan menggunakan roda yang ada pada bagian bawahnya. Mobile crane hanya bisa dipergunakan di jalur darat dan memiliki pengangkut yang cukup kokoh untuk mengangkat material berat.

Truck Crane

Truck CraneCrane jenis ini memiliki kemiripan dengan mobile crane dari segi bentuk dan sama fleksibelnya karena mudah berpindah-pindah. Sesuai dengan namanya, kendaraan yang dipergunakan pada crane ini adalah truk dan alat pengangkutnya ditempatkan pada kerangka kendaraan.

Overhead Crane

Overhead CraneBerbeda dengan jenis crane lainnya yang berbentuk kendaraan, crane jenis ini justru tidak mudah berpindah dan berada di langit-langit bangunan. Tidak heran, dengan bentuknya yang seperti jembatan, crane ini seringnya dipergunakan di pabrik industri. Overhead crane mampu mengangkat beban puluhan ton dengan bentuk dua jalur yang dilengkapi roda-roda pendorong.

Container Crane

Container CraneCrane jenis ini biasanya berada di pelabuhan atau di pinggir dermaga. Fungsinya adalah untuk mengangkat kontainer dari atas kapal ke daratan. Modelnya dilengkapi dengan struktur besi-besi yang menopangnya plus spreader yang merupakan material handling tools.

Pedestal Crane

Pedestal CraneCrane ini merupakan sebuah crane yang bertumpu pada satu titik yang tertanam pada lantai kerja. Ujung crane ini bisa berputar dan melakukan swing, fix, lattice, hydraulic, dan hoisting system.

Dengan bermacam-macam jenis crane ini, diharapkan Anda bisa paham dan mengerti, mana crane yang cocok untuk digunakan pada proyek konstruksi Anda. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: