Mencegah Maag Kambuh Selama Puasa

Bulan puasa merupakan bulan penuh berkat dimana kita berpuasa untuk mendekatkan diri pada yang di atas. Namun tubuh manusia yang rentah, ada saja yang menyebabkannya tidak bisa menjalankan puasa secara penuh. Salah satunya penghalangnya adalah Maag yang disebabkan asam lambung naik. Penyebab asam lambung naik bisa dikarenakan makanan yang dikonsumsi atau gaya hidup yang salah.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah maag kambuh selama berpuasa:

  • sakit maag
    source image: Brilio

    Jangan langsung tidur setelah makan – makan yang dimakan akan memenuhi lambung. Saat kita mulai tiduran setelah makan, isi lambung termasuk asam lambung akan berbalik arah ke kerongkongan sehingga menyebakan dada sesak dan perut tidak enak. Ada baiknya 2-3 jam setelah makan baru tidur.

  • Hindari mengkonsumsi minuman bersoda, alkohol atau kopi saat sahur maupun berbuka – minuman-minuman ini dapat memicu naiknya asam lambung. Untuk jus buah pun, pastikan tidak menggunakan susu karena susu dapat menyebabkan asam lambung naik. Hal ini termasuk olahan susu sepertu keju, krim susu dan yogurt.
  • Hindari makanan pemicu asam lambung naik saat sahur maupun berbuka – tahukan daftar makanan yang bisa menyebabkan asam lambung? Gak tahu? Oke ini daftarnya
    1. Kol atau dikenal juga dengan nama kubis
    2. Makanan pedas baik yang menggunakan lada atau cabe
    3. Makanan bersantan
    4. Cokelat
    5. Cabai
    6. Brokoli
    7. Nanas
    8. Mie
    9. Tomat
    10. Durian
    11. Kedodong
    12. Makanan dengan rasa asem
  • Hindari makan makanan berlemak terlalu banyak – loh apa hubungannya ? makan makanan berlemak dalam porsi besar dapat menyebabkan refluks. Refluks merupakan kondisi dimana asam dari lambung mengalir sepanjang kerongkongan.
  • Konsumsi air putih yang cukup – tubuh manusia terdiri dari lebih 70% dengan cairan. Tubuh sangat membutuhkan air agar dapat beroperasi dengan baik. Berdasarkan dokter Ronald L. Hoffman memperbanyak minum air putih membantu menurunkan asam lambung di kerongkongan kembali ke perut.
  • Jangan langsung mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak – ingat perut itu ada batas terutama saat berbuka. Jangan langsung mengkonsumsi makanan banyak-banyak. Lebih baik berbuka dengan sedikit makanan agar lambung tidak kaget, baru 2-3 jam kemudian makan lagi.
  • Sedia obat maag – untuk berjaga-jaga pastikan kamu membawa obat maag ke mana saja kamu pergi. Jika ada serangan maag dadakan, kamu sudah penangkalnya.

Semoga membantu dan selamat berpuasa –hm-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *