Memenuhi Nutrisi Selama Berpuasa Bagi Ibu Hamil

hamil
image source: Fox News

Ibu hamil memang tidak diwajibkan untuk berpuasa, tetapi bukan berarti ibu hamil memiliki tidak dianjurkan untuk puasa. Jika Anda termasuk salah satu ibu hamil yang ingin tetap menjalankan puasa, ibu bisa mencari tahu informasi dan tips berpuasa bagi ibu hamil namun Ibu harus bisa menyeleksi informasi dan tips seputar kehamilan dan menyusui agar tidak salah. Namun paling amannya, Anda bisa berkonsultasi dulu kepada dokter kandungan. Jika diperbolehkan, maka Anda harus mengetahui cara memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Mengonsumsi minuman seperti jus untuk ibu hamil dan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi pada saat berbuka dan sahur merupakan cara yang efektif untuk menjaga kesehatan janin selama berpuasa. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi selama berpuasa, mari kita simak beberapa tips di bawah ini!

  • Berbuka puasa dengan kurma. Saat berbuka, sebaiknya Anda jangan langsung mengisi perut dengan makanan yang berat. Jangan juga dengan makanan yang terlalu manis. Kadar gula yang naik terlalu cepat dapat menyebabkan Anda merasa lemas dan cepat merasa lapar kembali setelahnya. Untuk menaikkan kadar gula agar kembali normal, sebaiknya Anda mengonsumsi tiga buah kurma.
  • Penuhi kebutuhan kalsium. Sebelum berbuka dengan makanan berat, Anda juga bisa mengonsumsi susu atau makanan seperti keju, yogurt, sayuran hijau, dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk janin.
  • Konsumsi makanan tinggi protein. Protein sangat berperan penting dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin. Karena itu, Anda bisa berbuka dengan menu yang kaya akan protein seperti ikan, telur, daging merah, dan kacang-kacangan.
  • Konsumsi karbohidrat kompleks. Kebutuhan karbohdirat juga perlu dipenuhi selama berpuasa. Maka dari itu, konsumsilah makanan seperti gandum, kacang-kacangan, nasi merah, pasta, dan lain-lain.
  • Cukupi kebutuhan serat. Serat juga penting untuk mencegah gangguan pencernaan seperti konstipasi selama kehamilan. Karenanya, jangan lupa imbangi gizi Anda dengan mengonsumsi serat dari sayur-sayuran atau buah-buahan.
  • Cegah dehidrasi. Saat berpuasa, ibu hamil cenderung lebih mudah mengalami dehidrasi. Karena itu, selain mencukupi kebutuhan gizi lewat makanan, perlu juga untuk minum air putih sebanyak 1.5-2 liter perharinya. Kebutuhan minum ini bisa dipenuhi selama berbuka dan sahur. Selain itu, hindari juga minuman tinggi kafein seperti teh dan kopi agar Anda tidak sering buang air kecil dan kehilangan banyak air selama berpuasa.

Selain untuk ibu hamil, tips ini juga bisa diterapkan bagi ibu yang sedang menyusui. Namun, jika Anda merasa tidak kuat untuk berpuasa, sebaiknya jangan dipaksakan dan konsultasikan pada ahlinya. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *