Manfaat Mandi Air Hangat

mandi air hangatPenggunaan air hangat untuk mandi kurang populer di negara tropis seperti Indonesia yang cenderung berudara panas. Namun di negara-negara barat, eropa, bahkan asia bagian timur dan utara, penggunaan air hangat untuk keperluan sehari-hari sangatlah populer. Air hangat yang dipanaskan dengan kompor, Pemanas Air, ataupun air hangat yang muncul secara alami di daerah pegunungan sangatlah baik untuk badan, terutama bagi mereka yang tinggal di negara ber-iklim dingin.

Melembabkan badan dengan lebih baik

Air hangat dapat melembabkan kulit lebih baik dari air dingin ataupun yang bertemperatur normal. Air hangat mencegah kulit menjadi kering lebih lama dan mencegah keriput atau retakan kulit, juga membersihkan kulit dengan membuka pori-pori. Hal ini juga baik untuk mempercepat penumbuhan rambut.

Melancarkan peredaran darah

Berendam dengan merendam seluruh badan hingga leher di air hangat bagus untuk saluran darah. Aktivitas ini juga dapat menjadi semacam olahraga untuk menambah kesehatan jasmani bagi mereka yang butuh alternatif olahraga, ataupun lansia. Aktivitas ini patut dilakukan secara rutin karena juga menurunkan tensi atau tekanan darah.

Membantu kita tidur

Air hangat melemaskan otot badan yang mengencang setelah aktivitas seharian, dan itu dapat mempermudah kita untuk tidur. Meskipun Anda tidak ingin tidur, berendam di air hangat juga dapat membuat tubuh lebih rileks, hal ini dapat membantu Anda secara psikologis. Namun, jangan sampai tertidur saat berendam, dan batasi waktu berendam tidak lebih dari 20 menit.

Menghilangkan nyeri, dan kram

Dengan melemaskan otot badan, air hangat dapat menghilangkan nyeri ataupun kram. Selain itu, juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Menyembuhkan flu, batuk, hingga sakit kepala

Uap dari air hangat dapat membuka mucus yang menyumbat hidung ataupun yang tersangkut di tenggorokan dan menyebabkan batuk. Dengan memperlancar peredaran darah dan membuat badan rileks, berendam di air hangat dapat menghilangkan atau meredakan rasa sakit kepala. (RR)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *