Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

makanan ibu hamil
image source: Buzzle

Daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda bisa didapatkan dengan gampang baik denga cara browsing online, baca buku atau bahkan bertanya langsung pada dokter. Kebanyakan informasi yang didapatkan adalah para ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi buah-buahan aneka warna dan sayur-sayuran terutama yang berwarna hijau. Hal ini merupakan pengetahuan umum yang hampir semua orang tahu namun tahukah kamu bahwa tidak semua buah maupun sayuran ternyata baik untuk ibu hamil dengan kandungan yang masih muda.

Berdasarkan informasi yang didapatkan langsung dari situs Prenagen pada bagian membahas makanan sehat untuk ibu hamil muda, terdapat daftar makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Apa saja? Berikut ini daftarnya:

  • Nanas – buah manis asem ini (rasa nano-nano) emang enak dimakan apalagi baru keluar dari kulkas. Segar banget rasannya di cuaca panas seperti hari-hari ini. Namun bagi ibu yang baru hamil trimester 1-2, lebih baik hindari mengkonsumsi buah ini terlalu banyak terutama bagian tengahnya. Kenapa? Karna buah nanas mengandung bromelain yang dapat melunakan leher rahim sehingga memicu persalinan dini atau keguguran. Padahal banyak manfaat buah nanas untuk ibu hamil asalkan dikonsumsi secara benar selama proses kehamilan seperti hanya konsumsu nanas yang sudah matang, tidak boleh konsumsi bagian tengah dan mata nanas serta hanya boleh konsumsi dalam jumlah dikit.
  • Pepaya mentah, muda atau setengah matang – wah jangan pernah tergiur untuk memakannya karena kandungan lateks yang tinggi bisa memicu kontraksi sehingga menyebabkan persalinan dini atau keguguran. Bisa dibilang efeknya sama dengan nanas namun Pepaya mentah, mudah atau setengah matang lebih parah efeknya (eits, tidak dianjurkan untuk dicoba-coba di rumah). Selain buahnya, ibu juga perlu hindari daun-nya karna berdasarkan infonya bisa membuat ari-ari janin dalam kandungan rapuh.
  • Anggur – Loh kok anggur? Bukannya buah ini baik? Betul baik namun hanya boleh dikonsumsi setelah melewati trimester 1 karna buah ini dapat membuat kandungan menjadi panas. Dan pastikan konsumsinya tidak berlebihan pada saat masuk trimester 2 dan 3.
  • Air Kelapa – sama seperti anggur, air kelapa tidak disarankan bagi ibu dengan kandungan masih berumur di bawah 7-8 bulan. Hal ini dikarenakan air kelapa dapat melemahkan kandungan.
  • Durian – raja buah ini ternyata mengandung asam arachidonate yang dapat berpengaruh buruk karna bisa memicu keguguran.

So udah tahukan apa aja yang ibu tidak boleh konsumsi kan? Untuk amannya jangan lupa berkonsultasi dengan dokter lagi. -hm-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *