Maag Sering Kambuh, Mungkin Ini Penyebabnya!

sakit maag
source image: Brilio

Maag kambuh memang dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, selain membuat perut terasa perih dan sakit, kondisi ini juga dapat menghambat segala aktivitas yang harus dijalani. Meski langsung meminum obat maag pada saat maag ini kambuh, akan tetapi terkadang obat ini pun tidak membantu. Kenapa ya? Yuks, langsung kita cari tahu kenapa maag tetap kambuh padahal sudah minum obat, check it out:

  • Jadwal makan tidak teratur. Apakah jadwal makan Anda berantakan setiap harinya? Jika, ya! Maka, mulai dari sekarang cobalah untuk mengatur kembali pola makan Anda. Mengapa demikian? Sebab, pola makan yang tidak teratur hanya dapat meningkatkan asam lambung sehingga bisa memicu kemunculan sakit maag pada bagian perut. Untuk itulah, apabila Anda tidak ingin maag kambuh, maka jangan sampai telat makan, ya!
  • Stress berlebih. Stress merupakan salah satu gangguan yang kerap dialami oleh seseorang karena adanya tekanan. Biasanya, tekanan yang muncul ini disebabkan oleh kegagalan seseorang dalam memenuhi sesuatu maupun keinginan yang sudah lama diimpikan. Selain dapat mengganggu kesehatan, kemunculan stress ini bisa menyebabkan maag kambuh. Lantaran, saat tubuh stress, maka akan semain meningkatkan produksi asam lambung sehingga maag pun tidak bisa diatasi. Jika Anda mau terbebas dari kondisi ini, maka jauhilah pemicu stress sebagai alternatif pengobatan sakit maag.
  • Dipicu oleh faktor makanan. Sekalipun Anda sudah menjaga pola makan, bukan berarti bisa langsung terhindar dari serangan penyakit maag ini. Karena jika Anda tidak mengurangi konsumsi makanan pedas maupun asam meski kedua makanan ini tidak membuat berat badan naik, namun sayangnya makanan tersebut dapat mengiritasi lambung. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengatur ulang kembali pola makan yang Anda jalani.
  • Suka mengonsumsi minuman bersoda maupun alkohol. Anda suka meminum minuman bersoda dan alkohol? Apabila jawabannya ya, maka cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut. Selain tidak bagus untuk kesehatan tubuh, kedua minuman ini dapat memicu meningkatnya asam di lambung sehingga bisa membuat maag kambuh.

Itulah beberapa faktor penyebab yang menjadi pemicu mengapa maag sering kambuh. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *