Lebih Efisien Dengan Hyper Converged

Hyper Converged
image source: Nth Generation

Pemanfaatan teknologi informasi semakin naik seiring dengan berkembangnya zaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan memanfaatkan teknologi informasi, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan efisien. Dan sekarang sudah sangat jarang sekali perusahaan yang tidak menggunakan teknologi informasi dalam menjalankan bisnisnya. Tren teknologi informasi ini semakin dipacu dengan munculnya layanan Hyper Converged. Apa itu? Untuk lebih jelas, simak dan baca sampai habis.

Salah satu teknologi informasi yang paling banyak digunakan adalah data center. Dengan semakin tingginya minta akan penggunaan data center, semakin banyak pula bisnis data center yang bermunculan. Tidak heran jika setiap data center harus memiliki karakteristik tersendiri dalam memberikan pelayanan terbaik dan inovasi produk.

Data center terus berkembang hingga kita secara umum tahu bahwa data center memiliki fungsi sebagai storage (tempat penyimpanan), compute, dan network yang berjalan masing-masing. Dan muncul  Hyper Converged yang disebut sebagai solusi untuk infrastruktur komputasi virtual. Solusi seperti apa yang dimaksud?  Hyper Converged merupakan solusi yang dapat mengintegrasikan fungsi storage (tempat penyimpanan), compute, dan network dalam 1 perangkat.

Jadi bisa dibilang Hyper Converged dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasi teknologi informasi dan juga mendukung penggunanya menghadapi era digital yang semakin canggih. Selain itu ada kabar baik lainnya, Hyper Converged tidak hanya menggabungkan fungsi tetapi juga beberapa layanan data center dalam bentuk appliance sehingga meningkatkan kecepatan dan fleksibel dalam pemindahan. Dimana hal ini tentu saja akan menurunkan biaya operasional. Salah satu hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan membeli server adalah memastikan kecepatan, ekonomis dan fleksibelitas seperti yang ditawarkan Hyper Converged.

Ada lagi tidak keunggulan lain dari Hyper Converged? Tentu saja masih ada satu lagi keunggulan yang tidak boleh terlewatkan yaitu menyederhanan dan dengan cepat dapat membagikan beban kerja baik untuk dilokal dan remote dengan VSA  dimana dapat dijalankan menggunakan mesin virtual untuk fungsi SAN dan NAS. Keren kan?

Kabar gembiranya, di Indonesia sendiri layanan Hyper Converged sudah bisa dinikmati. Seperti yang dilansir langsung dari Koran Jakarta Online, PT Multipolar Technology (MLPT) selaku distributor teknologi terkemuka sudah menawarkan Hyper Converged sebagai solusi yang bisa dipilih. Nama produk PT Multipolar Technology ini adalah HPE Hyper-Converged. Ingin kinerja data base yang lebih efisien? Anda sudah tahu pilihan yang lebih tepat. -hm-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *