Konsumsi Makanan Ini Sebelum Melahirkan

kentang
image source: Warta Kesehatan

Selain penting meminum jus untuk ibu hamil, sebelum pasca melahirkan seorang ibu hamil pun diwajibkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Mengapa penting? Alasannya, berbagai jenis makanan berkabohidrat sangat tinggi ini memberikan energi yang cukup untuk ibu hamil. Selain itu, makanan jenis ini pun sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan ibu hamil, sehingga tidak akan menimbulkan masalah serius meski dimakan sebelum proses melahirkan.

Lalu, makanan mana sajakah yang baik dikonsumsi ibu hamil sebelum melahirkan? Simak, kategorinya disini;

  • Kentang. Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian, dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kentang sendiri dianggap sebagai makanan pengganti nasi yang bisa memberikan energi tambahan untuk ibu hamil, lantaran kaya akan kandungan karbohidrat. Tidak hanya itu, kentang pun menyimpan zat nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Seperti misalnya; vitamin A, vitamin B-kompleks, asam folat, polifenol, karotenoid, dan sebagainya.
  • Pasta. Terdiri dari berbagai campuran sayuran, buah-buahan, maupun biji-bijian, pasta pun disarankan untuk dimakan oleh seorang ibu hamil sebelum proses melahirkan. Hal ini karena di dalam pasta tersimpan kandungan karbohidrat dan glukosa yang memberi tenaga yang cukup bagi ibu hamil. Selain karbohidrat, di dalam pasta pun tersimpan kandungan serat, asam folat, natrium, kolesterol, yang memang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil.
  • Roti. Selain kentang dan pasta, makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan sangat baik dikonsumsi ibu hamil adalah roti. Di dalam roti ini sendiri tidak hanya kaya akan karbohidrat, namun kaya pula akan kandungan thiamin, riboflavin, niasin, mineral, besi, iodium, kalsium yang bisa membantu tumbuh kembang janin di dalam rahim.
  • Sereal. Hampir mirip dengan makanan jenis sebelumnya, sereal pun mengandung karbohidrat yang akan menambah energi sebelum proses melahirkan bagi ibu hamil. Tidak hanya terkandung zat karbohidrat, sereal pun mengandung protein, lemak, gula, vitamin, mineral, sekaligus sereal yang sangat bagus untuk perkembangan janin di kandungan.

Selain makanan di atas, sebelum proses melahirkan ibu hamil pun disarankan untuk mengonsumsi buah-buah yang mengandung serat tinggi berupa pisang ataupun apel. Dan sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, supaya nantinya tidak mempengaruhi kinerja perut ibu hamil selama melahirkan. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *