Oleh-oleh
image source: Dreamstime

Siapa sih yang tidak ingin liburannya berjalan dengan lancar dan nyaman? Karenanya, banyak orang yang membeli jaminan asuransi perjalanan sebelum berangkat liburan. Dengan begitu, risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan dapat teratasi, liburan pun terasa lebih nyaman dan praktis. Namun, biasanya tetap saja kendala yang seringkali dihadapi oleh orang-orang ketika liburan. Misalnya seperti mencari oleh-oleh. Tanpa disadari, mencari oleh-oleh bisa jadi hal yang paling merepotkan saat liburan, lho. Benar kan? Karena itu, sebelum mulai berburu oleh-oleh sebaiknya ketahui dulu tips-tips berikut ini!

  • Persiapkan budget

Sebelum membeli oleh-oleh, tentunya Anda harus mempersiapkan budget terlebih dahulu. Budget yang dibutuhkan untuk membeli oleh-oleh bervariasi, bisa banyak dan bisa juga sedikit, tergantung dengan jenis dan berapa banyak oleh-oleh yang Anda beli. Jika memang tidak mau mengeluarkan banyak budget untuk oleh-oleh, Anda bisa menyesuaikan jenis oleh-oleh yang Anda pilih. Namun usahakan untuk tetap membeli oleh-oleh yang bagus dan berkesan ya.

  • Gali informasi

Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mencari oleh-oleh. Mulai dari tempat wisata, mall, atau pasar-pasar tradisional. Namun, pusat oleh-oleh belum tentu memiliki harga yang termurah, lho. Karena itu, tak ada salahnya untuk mencari informasi lebih lanjut tentang tempat belanja oleh-oleh murah. Anda bisa mencari informasi lewat artikel di internet atau bertanya pada masyarakat sekitar.

  • Menawar harga

Nah, ini dia jurus jitu untuk mendapatkan harga murah saat belanja oleh-oleh. Terkadang karena banyak orang yang berminat untuk mencari oleh-oleh, pedagang berani memasang harga yang cukup tinggi. Maka itu, jangan langsung setuju dengan harga yang ditawarkan, coba dulu untuk menawarnya, siapa tahu Anda mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Pilih makanan yang tahan lama

Jika Anda ingin membeli makanan sebagai oleh-oleh, maka pastikan makanan tersebut bisa bertahan cukup lama. Sebab, ada beberapa makanan khas yang hanya dapat bertahan 2 atau 3 hari.

  • Mengemasnya dengan baik

Setelah membeli oleh-oleh, kemaslah dengan baik. Jika oleh-oleh merupakan benda atau makanan yang mudah hancur atau pecah, maka lapisi kemasan dengan bubble wrap. Pastikan kemasan yang Anda gunakan melindungi oleh-oleh dengan baik.

Itu dia beberapa tips belanja oleh-oleh saat berlibur. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: