Kenapa Tidur Tidak Nyenyak?

Salah satu penghargaan ke diri sendiri bukanlah uang, emas, barang mewah, voucher belanja Sodexo atau vendor lainnya tetapi istriahat yang cukup. Ehm, kurang setuju? Coba tanya pada diri kamu jika uang, emas dan voucher membuatmu menikmati hidup? Jawabnya sudah pasti tidak. Dibutuhkan tubuh yang sehat untuk menikmati semuanya. Agar tubuh sehat, kamu perlu memastikan tidurmu cukup.

Gak semudah itu bisa tidur dengan nyenyak tahu!, ada beberapa orang yang mengalami masalah tidur, susah tidur atau tetap merasa capek walaupun sudah tidur. Kalau begitu gimana? Hal ini terjadi karena beberapa hal seperti:

  • tidur nyenyakJam tidur yang tidak teratur. Jika tidak memiliki jam tidur yang pasti, tubuhmu tidak akan terbiasa. Contoh kamu sudah membuat sebuah kebiasan untuk tidur di jam 10 malam dan bagun jam 6 pagi, lama kelamaan akan tercipta sebuah pola dan jam tubuhmu akan merekamnya. Dengan begitu tubuhmu akan secara otomatis mulai tidur jam 10 malam dan kebangun jam 6 pagi sehingga tubuhmu tidak akan merasa dipaksa tidur dan bangun. Dengan tidak adanya paksaan, tubuh akan terasa lebih rileks.
  • Sibuk dengan Smartphone, Laptop atau Gadget lainnya. Sangat disarankan 1 jam sebelum tidur, kamu sudah tidak menggunakan gadget untuk melakukan kegiatan apapun. Napa? Ini agar tubuh rileks dan bisa tidur tepat waktu sehingga keesokan harinya, kamu bisa bangun dengan tubuh yang segar. Sebagai gantinya bermain gadget, coba peregangan ringan agar tubuh rileks.
  • Kurang olahraga. Eh, apa hubunganya olahraga dengan tidur nyenyak. Kebanyakan energi ditubuh (istilah lainnya kebanyakan gula) dapat membuat tubuh kamu terus bekerja walaupun kamu tidur. Sehingga tidak heran jika ketika kamu bangun, tubuhmu masih terasa lelah walaupun sudah tidur lama. Lakukan olahraga secara teratur setiap pagi atau malam untuk membuang energi yang berlebihan. Selain itu, 3-4 jam sebelum tidur disarankan sudah tidak mengkonsumsi makanan atau minuman lagi. Hanya konsumsi air putih aja buat amannya.
  • Perlengkapan Tidur yang tidak nyaman. Cari bantal dan tempat tidur yang nyaman buat tubuhmu. Coba berkonsultasi dengan pakar, bantal dan tempat tidur yang cocok buat kamu.

Semoga artikel informasi ini membantumu bisa tidur dengan nyaman dan berkualitas. Minata

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *