asuransi
image source: getbudget

Asuransi dewasa ini sudah beragam macam dan produknya. Bahkan produk dari asuransi tersebut terkadang bercabang lagi menjadi unit yang lebih sesuai untuk menjaring lebih banyak nasabah. Namun tidak banyak penawaran – penawaran tersebut yang merujuk kepada produk asuransi murni, asuransi kesehatan murni contohnya.

Mayoritas produk – produk asuransi yang ditawarkan pada Anda sudah merupakan bentuk gabungan atau yang memiliki manfaat lain selain nilai ekonomis yang seharusnya. Sebagai contoh, asuransi kesehatan yang kemudian digabungkan dengan manfaat investasi sudah bukan lagi asuransi kesehatan murni. Karena produk asuransi murni adalah asuransi yang memberikan manfaat proteksi terhadap nilai ekonomis yang telah ditentukan dan itu saja.

Contoh dari sebuah asuransi murni adalah, apabila Anda membeli sebuah asuransi kesehatan, maka Anda akan mendapatkan segala bentuk proteksi hanya untuk bidang kesehatan saja tanpa diberikan manfaat – manfaat lainnya. Mungkin terdengar tidak memiliki kelebihan atau bahkan kurang memberikan manfaat. Namun kembali lagi kepada Anda, tidak semua orang harus memiliki segala macam asuransi.

Anda memiliki hak dan kuasa untuk menentukan apa saja harta benda yang Anda miliki yang ingin Anda asuransi kan, dan Anda berhak untuk menolak mengasuransikan harta benda Anda yang menurut Anda masih belum perlu untuk diasuransikan. Dengan membeli produk asuransi murni, Anda akan lebih ringan dalam membayar premi karena asuransi murni pada umumnya tergolong memiliki harga premi yang lebih murah.Inilah salah satu mengapa sebaiknya memilih produk asuransi murni.

Meskipun asuransi gabungan, terutama yang digabungkan dengan produk investasi terlihat menggiurkan, perlu diingat bahwa investasi tidak selalu menjamin kembalinya nilai yang telah Anda masukan atau Anda investasikan. Selain itu juga memiliki resiko yang besar dan bisa jadi dapat mengalami kerugian apabila perusahaan asuransi memilihkan sumber investasi yang salah, walau ada perusahaan asuransi yang membebaskan Anda untuk memilih kemana nilai investasi Anda akan Anda berikan.

Pada asuransi kesehatan murni, premi yang Anda bayarkan akan disimpan oleh perusahaan asuransi untuk kemudian dapat Anda gunakan untuk mengganti biaya pengobatan atau perawatan. Apabila waktu dalam perjanjian telah habis, pada umumnya Anda dapat mengklaim kembali uang premi Anda, meskipun akan dikenakan potongan dengan jumlah yang disesuaikan dengan perusahaan asuransi yang Anda gunakan.

Anda tidak memiliki kewajiban untuk menggabungkan antara asuransi Anda dengan investasi Anda, namun apabila Anda memiliki waktu yang terbatas atau kegiatan yang padat, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan asuransi gabungan atau yang umum disebut unit link.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: