Kecanggihan Sistem PABX

pabx
image source: Blogger jaringan & software

Sistem telepon PABX merupakan sebuah istilah yang tidak umum alias tidak luas dikenal oleh banyak orang. Jika Anda adalah salah satunya, jangan khawatir karena saya juga sebelumnya tidak mengerti istilah sambungan telepon PABX.  PABX sendiri sering disebut dengan nama “Private Automatic Branch eXchange”,  sebuah sistem dimana telepon disambungkan ke sebuah switchboard yang berfungsi sebagai control station pusat. Jika ada telepon masuk, maka telepon tersebut akan diarahkan ke extension yang sesuai melalui control station ini.

Wow canggih, kok bisa? Hal ini bisa terjadi karena setiap sistem PABX sudah dilengkapi dengan kode tertentu untuk masing-masing extension yang ada di dalam kantor. Dengan cara inilah sang control station dapat mengarahkan telepon masuk ke tujuan yang tepat sesuai dengan kode tersebut. Jadi tidak aneh jika Anda mendapatkan nomor telepon plus extension karena hal ini agar lebih memudahkan Anda menjangkau orang yang Anda cari dengan cepat.

Ada kecanggihan lain dari PABX? Tentu saja ada, seperti suara greeting atau salam. Pada saat telepon, Anda bisanya pasti pernah mendengar suara rekaman yang berisikan salam plus info extension yang tersedia. Pada umumnya ini banyak digunakan oleh Bank atau lembaga keuangan.

Kecanggihan lainnya adalah adanya fitur restrict pada sistem PABX yang bisa membatas berapa lama karyawan Anda bisa menelepon keluar. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi cost yang disebabkan membengkaknya biaya telepon. Dengan berkurangnya cost pada telepon berarti Anda bisa melokasinya kepada hal lain yang mungkin menjadi fokus Anda dalam mengembangkan bisnis.

Selain kecanggihan di atas masih ada 1 lagi nih kecanggihannya yaitu memudahkan komunikasi antar bagian di dalam kantor dengan mudah. Loh makin mudah maksudnya? Contohnya tim A ingin melakukan konfirmasi ulang kepada tim B yang berada di ruang berbeda. Tim A cukup menelepon menggunakan nomor extension dari tim B tanpa perlu salah satu tim A harus bolak balik dari ruangan tim A dan tim B untuk melakukan konfirmasi. Jadi bisa dibilang dengan adanya PABX ini komunikasi antar tim internal dalam perusahan yang berbeda ruangan akan lebih cepat dan tidak membuang waktu.

So, bisa dibilang sistem saluran telepon PABX itu caggih dan memang sangat membantu terutama bagi Anda yang sedang berbisnis. -hm-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *