Jenis-Jenis Ventilasi yang Umum Digunakan di Rumah

LosterTanpa adanya ventilasi, sirkulasi udara di rumah tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sebuah rumah harus memiliki ventilasi yang cukup. Perlu diketahui, ventilasi bukan hanya sebuah lubang yang terletak di atas kusen UPVC, seperti jendela. Masih ada beberapa ventilasi lainnya yang umum digunakan. Namun, Anda mungkin masih belum mengetahuinya secara jelas. Oleh karena itu, mari kita simak beberapa jenis ventilasi ruangan beserta penjelasannya di bawah ini.

  • Loster

Pernah melihat lubang kecil yang tampak seperti dekorasi rumah? Sebenarnya dekorasi tersebut merupakan ventilasi yang dinamakan loster. Loster memang merupakan lubang kecil yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan dekorasi rumah sekaligus. Loster bisa dibuat dari berbagai bahan, misalnya seperti beton, kayu, atau keramik.

  • Jalusi

Jalusi merupakan salah satu ventilasi yang banyak ditemui di rumah. Ventilasi ini terdiri dari bilah-bilah kayu yang biasanya terpasang pada pintu atau kusen. Celah-celah dari jalusi ini dapat memberikan jalan agar sirkulasi udara dapat masuk ke dalam ruangan.

  • Kaca Nako

Bisa dibilang, bentuk kaca nako agak mirip dengan jalusi. Kaca nako juga terdiri dari beberapa segmen dan bilah-bilah. Bedanya, ventilasi ini terbuat dari kaca dan bisa dibuka dan ditutup. Biasanya kaca ini terletak di tembok-tembok seperti jendela. Ketika angin sedang berembus kencang, Anda bisa menutup celah pada kaca nako. Begitu pun sebaliknya.

  • Boven

Boven biasanya terletak di atas kusen pintu atau jendela. Ada boven yang hanya berbentuk lubang, ada juga boven yang memiliki daun seperti jendela. Untuk menjaga keamanan, biasanya boven diisi dengan ram kayu agar orang tidak bisa menerobos melaluinya.

  • Ventilasi Bantuan

Selain beberapa macam ventilasi di atas, terdapat juga ventilasi bantuan. Ventilasi ini seringkali digunakan di ruangan yang minim ventilasi namun juga memerlukan sirkulasi udara. Ventilasi bantuan ini berupa kipas yang dapat menyaring udara dalam ruangan. Pada umumnya, ventilasi ini dipasang di langit-langit atau plafon yang terletak di kamar mandi atau dapur.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui jenis-jenis velintasi secara lebih jelas bukan? Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *