pipa pembuangan
image source: duniatehnikku

Setelah mengetahui jenis pipa yang sering dipakai untuk pipa pembuangan air kotor, kini apabila Anda berniat untuk memasangkan pipa PVC di rumah maka hal yang patut Anda ketahui adalah tipe manakah sebenarnya yang cocok dipakai untuk mengalirkan air kotor di rumah. Meski, tidak terlalu penting, namun dengan mengetahui berbagai jenis tipe ini pun, tentu sangat bermanfaat untuk Anda. Sebab, dengan diketahuinya beberapa tipe ini tentu saja dapat mencegah kebocoran maupun penyumbatan yang bisa muncul kapan saja pada pipa.

Lalu, tipe manakah yang cocok dijadikan sebagai pipa untuk mengalirkan air kotor ini? Adalah beberapa diantaranya;

  • PVC tipe D dengan diameter 4. Tipe pipa PVC yang bisa dipakai untuk pipa pembuangan air kotor adalah pipa bertipe D dengan diameter 4. Biasanya, pipe bertipe ini bisa digunakan untuk pipa air kotor yang berasal dari kamar mandi, air hujan, dan cucian piring maupun pakaian. Meskipun sabun cuci piring bisa menghilangkan noda, namun tidak bisa melarutkan sampah makanan. Sehingga ukuran pipa harus dapat membawa sampah makanan tanpa mengalami masalah tersumbat. Umumnya, peletakkan pipa bertipe ini pun diletakkan di bagian pinggir kanan ataupun kiri bangunan rumah, sehingga tidak akan mengganggu pemandangan.
  • PVC tipe D diameter 3. Untuk air pembuangan yang berasal dari air hujan, biasanya tipe pipa PVC yang digunakan masih tetap bertipe D. Akan tetapi, untuk diameternya hanya berdiameter 3. Ini karena mengingat air hujan tidak sering turun, dan tidak digunakan sesering air pembuangan di dalam rumah.
  • PVC tipe D dengan kombinasi diameter 4 dan 3. Sedangkan, untuk saluran pembuangan dari sisa kotoran, diameter yang digunakan merupakan kombinasi dari pipa berdiamater 4 dan 3 namun tipenya masih yang bertipe D dengan pemasangan berbentuk horizontal dan langsung dialirkan ke septic tank. Akan tetapi, bila rumah ataupun gedung memiliki tingkatan, maka diameter yang dipakai hanya 3 saja dengan pemasangannya membentuk vertikal.
  • PVC tipe D diameter 2. Selain itu, tipe pipa PVC yang dipakai untuk pembuangan wastafel ialah bertipe D dengan diameter 2. Lantaran, air yang mengucur di wastafel tidaklah sebanyak yang ada di closet.

Itu beberapa tipe PVC yang bisa Anda gunakan untuk saluran pipa pembuangan air kotor. Semoga membantu! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: