Ini Syarat Menjadi Supir Truk yang Baik

supir Truck
image source: Jobbino

Menjadi supir truk Mitsubishi Fuso terbaru ataupun truk lama, adalah salah satu profesi yang banyak diminati karena penghasilannya yang tidak sedikit. Apalagi, jika Anda hanya melihat dari segi pekerjaannya, terlihat mudah. Hanya perlu berkendara dari satu tempat ke tempat lainnya. Tidak membutuhkan sebuah keahlian yang khusus. Namun, apa benar begitu?

Kenyataannya, ternyata profesi ini tidak semudah yang terlihat dan justru membutuhkan keahlian khusus. Sebab, tidak semua orang bisa mengendarai kendaraan besar ini. Selain itu, meskipun kendaraan yang Anda bawa adalah truk sekalipun, ada baiknya Anda tetap mengetahui bagaimana cara mengemudi aman saat bersisian dengan truk lainnya. Nah, untuk Anda yang berminat untuk mencoba profesi ini, ada baiknya untuk tidak meremehkannya dan ketahui terlebih dahulu syarat untuk menjadi supir truk yang baik berikut ini:

SIM (Surat Izin Mengemudi)

SIM (Surat Izin Mengemudi) yang harus dimiliki oleh penendara truk tentulah berbeda dengan SIM untuk mobil pribadi. Jika Anda hanya mengendarai mobil pribadi, maka SIM yang dibutuhkan adalah SIM A. Sementara, untuk pengendara truk SIM yang dibutuhkan adalah SIM B I dan SIM B II, dengan ketentuan:

  • SIM B I: untuk mengemudikan kendaraan mobil penumpang dan barang Umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg. Usia minimum yang bisa mendapatkan SIM ini yaitu 22 tahun.
  • SIM B II: Untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan menarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan Umum dengan berat yang diperbolehkan untuk keretan tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg. Usia minimum yang bisa mendapatkan SIM ini yaitu 23 tahun.

Test CDL

Sebelum menjadi supir truk dan memulai aktivitas Anda, ada baiknya Anda mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Setelah mengikuti pelatihan, nantinya akan ada tes CDL (Commercial Driving License) yang harus Anda ikuti. Dengan mengikuti latihan ini, maka Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi dari seorang supir truk yang telah berpengalaman.

Persiapkan diri

Sebelum mulai berkendara, pastikan Anda telah mempersiapkan diri terlebih dahulu. Dari segi kesehatan, kesabaran, pengetahuan, makanan dan minuman, serta berbagai hal lainnya. Sebab, mengendarai truk jauh berbeda dengan mengendarai kendaraan biasa. Apalagi, jika Anda membawa truk dengan muatan. Semakin berat muatannya, maka akan semakin pelan kecepatan truk yang bisa Anda bawa.

Pahami kendaraan

Setiap kendaraan bisa saja memiliki karakter yang berbeda. Jika Anda akan mengendarai kendaraan yang baru, maka ada baiknya Anda kenali dan pahami terlebih dahulu karakter dari kendaraan tersebut. Dengan begitu, Anda akan bisa mengambil langkah cepat dan tepat saat menemukan situasi yang tak terduga saat berada di perjalanan.

Banyak, kan, yang harus dilalui supir truk? Jadi, jangan pernah meremehkan profesi ini ya. (Vita)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *