menghabiskan waktu dengan anakPunya anak merupakan hal yang membahagiakan, tetapi juga menambah tanggung jawab Anda. Dari mulai tanggung jawab atas kesehatan, pendidikan, dan tentunya kebahagiaan anak. Sayangnya, saat ini cukup banyak orangtua yang berusaha menyenangkan anak dengan cara sederhana, yaitu dengan memberikan gadget yang diinginkan anak dibandingkan dengan mengajaknya ke arena hiburan keluarga. Akibatnya, baik anak dan orangtua akhirnya hidup dalam dunianya sendiri, yaitu dunia gadget, dan kehilangan quality time.

Padahal, memastikan Anda memiliki quality time dengan anak sangatlah penting. Dan berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Menjaga kedekatan Anda dan anak

Orangtua akan menjadi sosok yang sangat penting bagi anak. Bahkan, banyak anak yang menjadikan orangtuanya sebagai sosok idola sehingga akan berperilaku seperti orangtuanya. Itulah mengapa, orangtua wajib untuk memberikan contoh yang baik pada anak. Namun, hal ini tidak akan bisa tercapai jika Anda tidak pernah peduli dengan quality time dengan anak. Bisa jadi, anak justru akan lebih mengidolakan orang lain yang membuatnya merasa lebih dekat. Jika kondisi tersebut sudah terjadi, akan sulit bagi Anda untuk mengontrol perilaku anak.

  • Membuat anak merasa spesial

Untuk anak yang kedua orangtuanya bekerja, mungkin agak sulit mengatur quality time. Namun, bukan berarti tidak bisa! Justru Anda harus tetap menyediakan quality time bersama anak setiap harinya meskipun tidak lama. Misalnya Anda pulang on time dari kantor sehingga bisa sampai rumah saat anak masih belum tidur. Kemudian ajaklah anak bermain atau bacakan dongeng sebelum tidur. Untuk anak yang sudah sekolah, dampingi kegiatan belajarnya. Dengan begitu, anak akan tetap merasa bahwa orangtuanya tetap memperhatikannya meskipun sibuk bekerja. Jadi anak akan merasa dirinya tetap spesial. Jangan lupa juga, berikan pengertian pada anak mengapa Anda dan pasangan harus bekerja dan meninggalkannya setiap hari kerja.

  • Mencegah anak menyembunyikan sesuatu

Anak yang sudah terbiasa menceritakan berbagai hal pada anak, akan sulit untuk menyembunyikan sesuatu dari orangtuanya. Hal ini akan membuat Anda selalu mengetahui apa yang terjadi pada anak, baik hal positif maupun negatif. Hal ini sangat penting untuk mencegah anak melakukan suatu tindakan yang salah. Sebab Anda bisa langsung memberikannya pengertian ketika menemukan adanya yang tidak beres.

Setelah mengetahui manfaat quality time, pastikan Anda dan anak memilikinya seetiap hari ya! (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *