investasi
image source: Lampung Post

Mendengar kata investasi, sepertinya hal tersebut lebih perlu dilakukan untuk para pekerja yang sudah mapan dan memiliki dana lebih. Padahal pemahaman itu perlu disingkirkan. Untuk kalian yang bekerja freelance, ada juga investasi yang bisa dilakukan, kok. Bagi kaum muda atau milenial, investasi tak melulu harus dalam jumlah besar. Kalian bisa mengikuti investasi yang minim modal seperti reksa dana misalnya. Nyatanya semua investasi perlu modal besar dan jangan lupakan beberapa alasan ini agar kalian tidak lupa berinvestasi semenjak dini.

  • Mengatur Keuangan

Berinvestasi sejak dini secara otomatis akan membantu kalian untuk mengatur keuangan. Sebelum gaji habis entah kemana, kalian sudah menyisihkan sebagian terlebih dahulu untuk berinvestasi. Sehingga kalian pun akan terbiasa lebih hemat dan bijak menggunakan uang yang tersisa setiap bulannya.

  • Mengetahui Prioritas

Karena sudah membayar investasi di awal bulan, tentu uang yang kalian miliki akan berkurang. Namun hal ini justru membawa sisi positif lho. Dengan jumlah uang yang tersisa, kalian akan dipaksa untuk mengatur skala prioritas atas kebutuhan yang perlu dibeli atau dibayarkan. Jadi, kalian lebih bisa mengontrol keinginan semata dan lebih mengutamakan kebutuhan.

  • Semakin Besar Keuntungannya

Semakin awal kalian berinvestasi, maka akan semakin besar pula keuntungan yang didapat. Bayangkan jika kalian sudah memulai investasi semenjak awal bekerja, pasti laba yang dihasilkan akan semakin banyak.

  • Memberikan Kesempatan untuk Belajar

Tak bisa dipungkiri, investasi memang memerlukan strategi yang baik. Tidak semua investasi menguntungkan dan bisa berjalan mulus. Nah, jika kalian sudah memulai investasi semenjak dini, maka kalian masih punya waktu yang panjang untuk mengintrospeksi diri atau bahkan mengganti insturmen investasi ketika terjadi kesalahan.

  • Bekal di Masa Depan

Meskipun saat ini kalian belum memiliki pengeluaran dan tanggungan sebanyak nanti, bukan berarti bisa bersantai-santai. Di masa depan mungkin terjadi beberapa hal yang dapat mengganggu kondisi finansial. Nah, dengan berinvestasi sejak dini, modal akan terus berputar dan bisa dijadikan penyelamat di masa yang sudah tidak produktif atau ketika adanya masalah finansial.

Bagaimana, setelah mengetahui lima alasan ini, apakah kalian masih ingin menunda investasi? (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: