Hati-Hati Kurang Gizi: Ini Dampaknya untuk Ibu Hamil

nutrisi ibu hamil
image source: Buzzle

Selama ini, Ibu pastinya sudah sering dengar tentang pentingnya nutrisi untuk ibu hamil. Ibu yang sedang hamil disarankan untuk terus mengontrol kecukupan gizinya dan memantau kebutuhan nutrisi hariannya agar terus terpenuhi. Untuk mencapai hal itu, Ibu pun rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, minum jus untuk ibu hamil, mengonsumsi susu kehamilan, dan masih banyak lagi. Apalagi saat ini sudah tersedia jus kemasan untuk ibu hamil sehingga ibu hamil bisa mendapatkan khasiat jus saat masa kehamilan meskipun sering beraktivitas di luar rumah.

Akan tetapi, apakah Ibu sudah tahu bahaya apa yang mengintai jika seorang ibu hamil mengalami kekurangan gizi? Jika belum, simak dalam daftar berikut ini:

  1. Saat periode kehamilan, ibu hamil yang kekurangan nutrisi berisiko mengalami anemia atau kekurangan darah. Nah, jika hal ini terjadi pada ibu yang tengah hamil, tentunya sangat berbahaya. Sebab anemia bisa menghambat pertumbuhan janin dan parahnya lagi bisa berujung pada keguguran. Tidak hanya itu, karena nutrisi yang ada di dalam tubuh kurang, Ib juga bisa dengan mudah terserang infeksi yang akan berdampak juga pada janin di dalam perut.
  2. Ketika proses melahirkan, ibu yang kurang nutrisi juga akan mengalami masalah saat hendak mengeluarkan janin. Sebab seperti yang sudah diketahui, proses melahirkan membutuhkan energi dan tenaga yang optimal. Nah, ketika ibu mengalami kekurangan nutrisi, maka Ibu sudah tidak punya energi lagi untuk mengejan secara maksimal. Akibatnya, proses persalinan ini terganggu dan bisa berujung pada pendarahan karena kontraksi rahim.
  3. Jangan berpikir bahwa nutrisi ibu hamil hanya berfungsi saat sedang mengandung dan saat proses persalinan saja. Sebab setelah melahirkan sekalipun, nutrisi tetap memegang peranan penting. Ibu yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengalami proses penyembuhan luka yang lebih lama dibanding dengan ibu yang nutrisinya tercukupi.

Nah, ternyata masalah nutrisi ini tidak bisa dipandang sebelah mata, bukan? Untuk itu, pastikan bahwa Ibu sudah mengalami kecukupan nutrisi selama proses kehamilan ini. Jangan sampai Ibu menjalani proses kehamilan dengan nutrisi yang kurang. Pasalnya, kekurangan gizi tidak hanya berdampak pada Ibu tetapi juga pada bayi yang berada di dalam kandungan. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *