Fitur-fitur Canggih yang Terdapat Pada Motor Modern

motor matic
image source: Automotive – IDN Times

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda saat memilih motor. Beberapa orang mungkin lebih memilih kualitas mesin dan tidak begitu mementingkan fitur-fitur canggih pada motor. Memang, tanpa adanya fitur canggih, asalkan tak pernah telat untuk ganti oli motor dan service, serta tidak malas mengganti filter oli motor, motor akan tetap nyaman dikendarai. Namun sekarang ini fitur-fitur canggih bukan hanya sekedar pelengkap motor tapi juga sudah menjadi sebuah kebutuhan. Oleh karena itu, banyak juga orang-orang yang tergiur untuk memilih motor yang dilengkapi dengan fitur canggih. Memangnya apa saja sih fitur canggih yang dimiliki oleh motor modern? Simak di bawah ini!

  • Power outlet

Banyak pengendara motor yang memasang smartphone di atas dasbor motor. Biasanya untuk keperluan navigasi, terutama para driver ojek online. Karena smartphone merupakan alat yang penting untuk mencari penumpang dan mengantarkannya sampai dengan tujuan, maka smartphone tidak boleh mati karena baterai lemah. Karena itu, banyak driver yang memodifikasi kelistrikan demi mengecas daya smartphone. Melihat kebutuhan ini, beberapa pabrikan menambahkan fitur canggih pada kendaraannya. Misalnya saja Aerox 155VVA dan XMax 250. Kedua motor ini memiliki power outlet yang dapat dijadikan sebagai sumber listrik untuk mengisi daya atau baterai smartphone.

  • Speedometer Digital dan Informatif

Jarum analog dan angka pada beberapa speedometer motor modern sudah berganti dengan layar digital. Speedometer digital ini bisa menginformasikan kondisi kendaraan secara lebih akurat dibandingkan dengan speedometer analog. Biasanya layar speedometer digital tidak berwarna atau monokromatik tapi ada juga yang berwarna dan terlihat lebih menarik seperti layaknya layar smartphone.

  • Idling Stop System (ISS)

Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengendara motor di Jakarta. Saat berhenti karena lampu merah atau karena kemacetan, teknologi Idling Stop System (ISS) mampu mematikan mesin ketika motor berhenti dan dapat otomatis menyala kembali saat memutar tuas gas. Hal ini dapat membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih hemat dan juga mengurangi tingkat polusi udara. Namun jika pengendara merasa tidak perlu mengaktifkan fitur ini, maka fitur ISS dapat dideaktivasi dengan menekan tombol tertentu.

Nah, itu dia fitur-fitur canggih yang biasa terdapat pada motor masa kini. Bagaimana menurut Anda, apakah fitur-fitur tersebut membantu?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *