Diet Karbohidrat, Ternyata Bisa Memberikan Efek Samping

diet karbohidratSebagian dari Anda mungkin berpikiran jika diet rendah karbohidrat sangat bagus untuk tubuh karena dapat mengurangi berat badan hingga puluhan kilogram. Namun, tahukah Anda, ternyata diet rendah karbohidrat pun bisa memberikan efek negatif bagi tubuh, untuk itulah Anda jangan terlalu keseringan menjalani diet satu ini. Meski Anda sudah rutin melakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus mengonsumsi snack sehat rendah kalori, akan tetapi tetap saja dampak yang diberikan oleh diet karbohidrat ini tidak dapat bagus untuk kesehatan. (source: cantikalamiah)

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang ditimbulkan jika Anda menjalani diet karbohidrat;

  • Sakit kepala. Salah satu dampak serius yang ditimbulkan saat Anda diet rendah karbohidrat ini adalah mengalami sakit kepala yang berkepanjangan. Kondisi ini terjadi karena tubuh memaksa membakar lebih banyak lemak agar bisa menghasilkan energi, sehingga mengakibatkan molekul ketons keluar dari tubuh bersamaan dengan sodium melalui air seni. Hal seperti ini tentu dapat menyebabkan dehidrasi dan lama-kelamaan memunculkan sakit kepala.
  • Demam. Pada saat tubuh demam, pasti sering dikaitkan dengan kurang mengonsumsi vitamin maupun mineral. Akan tetapi, keberadaan karbohidrat pun sangat berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika tubuh kekurangan karbohidrat ini, bisa membuat kondisi tubuh melemah dan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti flu, demam, batuk, dan sebagainya.
  • Kelelahan. Ketika tubuh kurang asupan karbohidrat, ternyata dapat memicu meningkatkan kelelahan saat mengerjakan aktivitas yang bisa dibilang tidak terlalu berat. Apabila sebelum diet Anda bisa semangat bekerja, akan tetapi setelah menjalani diet malah sering capek dan semangat pun berkurang padahal kapasitas pekerjaan sama dengan sebelumnya.

Untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan tersebut, maka Anda bisa melakukan beberapa hal berikut;

  • Perbanyak konsumsi air putih ketika sedang diet agar tidak dehidrasi.
  • Sesekali selingi diet dengan konsumsi karbohidrat, seperti misalnya pisang ataupun buah apel.
  • Selalu mengonsumsi buah maupun sayuran yang kaya akan kandungan vitamin, antioksidan, dan sebagainya.

Itulah dampak negatif yang ditimbulkan ketika Anda menjalani diet rendah karbohidrat. Namun, apapun diet yang Anda tekuni, asalkan diimbangi dengan memenuhi asupan nutrisi yang cukup maka tidak ada larangan bagi Anda untuk mencobanya. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *