Anda pasti tidak asing dengan film Coco, film keluaran Disney yang mengangkat tema tentang Dia de los Muertos atau Day of The Dead. Namun apakah sebenarnya makna dari Dia de los Muertos tersebut? Untuk menikmati langsung festival ini di Meksiko, jangan lupa menggunakan promo paket tour dari agen travel favorit anda.

Dia de Los MuertosDia de los Muertos atau Day of The Dead adalah sebuah festival yang ditujukan untuk menghormati dan merayakan kematian dari anggota keluarga tercinta. Perayaan ini pada awalnya hanya dilakukan di Meksiko, namun pada akhirnya dirayakan di seluruh Amerika Latin. Festival ini dirayakan selama dua hari dan ditandai dengan berbagai riasan tengkorak. Meski sering dibilang bahwan Dia de los Muertos ini merupakan Halloween versi Meksiko, namun pemaknaan dan perayaan festival ini berbanding terbalik dengan Halloween.

Perayaan Dia de Los Muertos ini bermula dari suku Aztec, Toltec dan suku Nahua lainnya yang menganggap bahwa bersedih dan bersedu sedan merupakan hal yang tidak sopan untuk dilakukan ketika kehilangan sanak saudara atau orang yang dicintai. Mereka percaya bahwa yang telah meninggal masih menjadi bagian dari komunitas mereka dan pada hari Dia de los Muertos, yang telah meninggal kembali ke bumi.

Oleh karena itu agar arwah mereka tidak tersesat saat berjalan pulang, para masyarakat membuat jalan setapak yang terbuat dari kelopak bunga, pada umumnya bunga Marigold, mulai dari tempat sanak saudara mereka dikubur hingga ke rumah mereka. Festival ini biasa berlangsung setiap tanggal 1-2 November setiap tahunnya. Hal lain yang menandakan festival ini adalah dengan dibuatnya altar yang biasa disebut Ofrenda.

ofrendaSeperti yang telah anda ketahui dari film Coco, Ofrenda ini bukanlah dibuat sebagai altar pemujaan melainkan altar yang dibangun untuk menyambut kedatangan para sanak saudara yang telah menjadi almarhum. Oleh karena itu di atas Ofrenda ini sering ditemukan makanan dan minum favorit dari saudara yang telah meninggal, dan biasanya terdapat mainan apabila yang telah meninggal adalah seorang anak kecil.
Makanan yang berada di atas ofrenda sangat beragam, tergantung dengan makanan dan minuman favorit dari sanak saudara yang telah meninggal tersebut. Namun pada umumnya di atas ofrenda disediakan roti manis dan sugar skull serta untuk minuman adalah pulque dan atole. Selain makanan dan minuman dinyalakan juga lilin untuk setiap foto anggota keluarga di atas ofrenda.

Anda dapat turut merayakan festival ini dengan menggunakan dress ala Meksiko dan mengecat wajah anda dengan motif tengkorak khusus yang disebut Calavera Catrina. Perayaan festival ini berlangsung terus menerus selama 2 hari tersebut dan sangat diminati bagi banyak wisatawan dari luar daerah maupun luar negeri. Apakah anda tertarik untuk mengikuti perayaan orang mati ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *