Desa Kreatif Terong – Tempat Wisata Percontohan Indonesia

desa wisata terongBelitung memang terkenal sebagai kota yang memiliki pusat wisata yang sangat menakjubkan di Indonesia. Pulau yang semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia melalui film Laskar Pelangi ini, ternyata menyimpan banyak sekali tempat wisata yang sangat wajib untuk didatangi. Salah satu contohnya adalah Desa Kreatif Terong. Desa Kreatif Terong sendiri merupakan sebuah desa yang dijadikan sebagai destinasi wisata percontohan yang menyuguhkan pemandangan alam yang sungguh luar biasa indah, dan sudah diresmikan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Menjadi desa percontohan untuk tempat wisata di Indonesia, tentu saja Desa Kreatif Terong ini nantinya mampu memberikan banyak keuntungan apabila masuk ke dalam industri pariwisata di Indonesia.

Diresmikannya Desa Kreatif Terong ini menjadi desa wisata percontohan di Indonesia, lantaran adanya kerja sama yang mengikat antara pemerintah dan masyarakat di desa Terong dengan LWG-DMO atau dikenal dengan istilah Local Work Group Destination Management Organization. LWG – DMO adalah sebuah lembaga independen yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata Indonesia untuk bagian pengelola destinasi pariwisata yang berpotensi di negara Indonesia. Berkat adanya peresmian ini, membuat banyak masyarakat desa Terong yang awalnya hanya bermata pencaharian sebagai seorang nelayan dan penambang sudah bergeser menjadi pemandu wisata yang akan membawa wisatawannya berkeliling Desa Kreatif Terong.

Lalu, dimanakah sebenarnya Desa Kreatif Terong ini berada? Dan, bagaimana caranya untuk bisa mencapai tempat yang sangat memesona ini?

ngerimis
source: google image

Desa Kreatif Terong ini berlokasi di kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Untuk bisa mencapai tempat ini, para wisatawan bisa menggunakan maskapai penerbangan hanya dalam waktu satu jam perjalanan. Di Desa Kreatif Terong ini, wisatawan dapat berwisata bahari ke banyak tempat yang memiliki keindahan super indah seperti wisata Bukit Tebalu, Wisata Mangrove, Agrowisata, dan sebagainya.

Desa yang sangat unik ini pun menawarkan paket wisata yang cukup menarik, dimana terdapat paket nyumek, ngeremis, nyungkor, mincing bejaor, mukat, nyulo, dan belajar ngayam. Selain itu, di tempat wisata percontohan ini, juga sudah tersedia banyak homestay yang bisa ditinggali oleh wisatawan selama berlibur di tempat wisata yang menyajikan keindahan alam yang luar biasa cantik ini.

Nah, buat Anda yang tengah mencari destinasi wisata baru, tidak ada salahnya nih untuk mengunjungi Desa Kreatif Terong ini. –SH–

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *