Daftar Olahraga Kardio untuk Bakar Kalori Tubuh

Muay Thai
image source: pinterest

Banyak orang yang memilih lari sebagai olahraga kardio untuk membakar kalori dalam tubuh. Padahal selain lari masih banyak olahraga kardio yang bisa dilakukan, lho. Beberapa olahraga berikut ini ditengarai efektif untuk membakar kalori dan juga bisa dijadikan sebagai cara mencegah penyakit jantung. Hmm, apa saja olahraga kardio yang bisa dicoba? Berikut daftarnya:

Muay Thai

Muay Thai merupakan salah satu jenis bela diri yang berasal dari Thailand. Meski begitu, keberadaan Muay Thai mulai menarik perhatian warga Indonesia dan kegiatan ini sering dijadikan pilihan sebagai olahraga kardio yang cukup populer. Alasannya, tak lain dan tidak bukan karena muay thai ini membakar cukup banyak kalori ketika dilakukan. Contohnya, jika Anda melakukan muay thai selama 20 menit, maka kalori yang dibakar sekitar 250 kalori. Jika dilakukan selama satu jam, maka kalori yang terbakar adalah sekitar 750 kalori. Kegiatannya sendiri melibatkan gerakan anggota tubuh seperti lengan, sikut, lutut dan juga kaki untuk memukul, menendang, dan membanting. Tidak heran jika kegiatan ini sangat populer di kalangan anak muda. Pasalnya, tidak hanya membantu membakar kalori, kegiatan ini juga bermanfaat untuk membantu kesehatan jantung, membentuk otot, dan sebagai ilmu pertahanan diri.

Plyometric

Belum kenal plyometric? Plyometric merupakan metode pembakaran kalori dengan melakukan gerakan seperti melompat atau box jump. Kegiatan ini bertujuan untuk mengontraksikan serat otot sebanyak mungkin dalam waktu singkat. Pembakaran kalori dengan kegiatan ini juga cukup ampuh, karena bisa membakar sekitar 600 kalori. Hal ini disebabkan karena tubuh dijadikan sebagai beban utama sehingga berat badan yang berlebih bisa segera dibakar.

Bersepeda

Kalau Anda ingin olahraga kardio yang sederhana dan bisa dilakukan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya, maka bersepeda adalah kegiatan yang disarankan. Sempatkan diri untuk bersepeda setidaknya satu jam setiap hari untuk membakar 600 kalori. Jumlah kalori yang terbakar bergantung pada intensitas dan durasi bersepeda sehingga bisa disesuaikan dengan aktivitas harian Anda.

Nah, bagaimana? Aktivitas kardio mana yang paling ingin Anda coba? Jangan lupa dilakukan secara rutin agar dampaknya bisa terasa ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *