Cara Seru Buat Anak Menyukai Sayur

masak bersama anak
image source: Parenting Squad

Sayur seringkali menjadi momok menakutkan bagi anak. Banyak para ibu yang mengeluh bahwa anak mereka tidak suka makan sayur dan bahkan cenderung menghindarinya, sehingga mereka khawatir jika anak tak mendapat nutrisi yang cukup. Hal ini tentunya sangat membuat kita cemas, sebab sejak dalam kandungan si kecil sudah mendapat gizi yang cukup melalui nutrisi ibu hamil, masa iya sekarang malah tak mendapat nutrisi yang dibutuhkan?

Nah, untuk membuat anak menyukai sayur sebenarnya mudah asal kita konsisten dalam menerapkannya. Berikut cara yang bisa dicoba:

  • Mulai perkenalkan sayur. Ketika anak sudah mulai bisa mengonsumsi sayur, perkenalkan sayur-sayuran ini kepada anak. Kita bisa memilih sayur yang memiliki warna cerah dan memperkenalkannya ke si kecil. Wortel, jagung, kacang merah, merupakan beberapa sayur yang bisa dijadikan bahan perkenalan untuk anak.
  • Jelaskan manfaatnya secara sederhana. Masih berkaitan dengan poin satu, kita juga bisa menjelaskan manfaat sayur kepada anak dengan sederhana. Misalnya, mengonsumsi wortel bagus untuk kesehatan mata atau makan sayur bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat. Dengan demikian, anak tahu bahwa sayur tidak dimakan tanpa alasan, melainkan karena ada manfaat di baliknya.
  • Kreasikan sayuran. Kita juga bisa membuat anak untuk memakan sayur dengan mengkreasikannya dengan makanan lain. Kombinasikan sayuran dengan karbohidrat, protein, dan juga lemak menjadi satu menu menarik yang bisa memancing selera makan anak. Silakan cicipi berbagai macam resep yang banyak direkomendasikan oleh ibu-ibu lain dalam forum. Atau, kita juga membuat kreasi sendiri.
  • Masak bersama anak. Jika cara-cara di atas masih belum bisa membuat si kecil mengonsumsi sayuran, cobalah untuk mengajak anak memasak sayur bersama-sama. Keterlibatan anak dalam mempersiapkan sayur untuk dimakan ini membuat anak lebih bersemangat untuk mengonsumsinya. Supaya anak lebih tertarik, ajak dan minta anak untuk memilih sendiri aprons yang akan digunakannya saat memasak. Tidak sulit kok mencarinya, Ibu bisa membelinya di toko yang sama saat ibu mau membeli pakaian untuk anak.
  • Buat menjadi finger food. Sajikan sayur dalam bentuk finger food yang bisa dijadikan camilan sembari bermain. Nantinya, lengkapi makanan ini dengan cocolan saus, keju, atau mayones, yang membuat anak semakin semangat mengonsumsinya.

Itu dia berbagai cara yang bisa kita coba untuk membuat anak menyukai sayur. Semoga anak suka, ya! Jangan lupa untuk terus berkreasi dengan sayur agar anak tidak bosan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *