Cara Ampuh Mengatasi Si Kecil yang Susah Makan

agar anak mau makanAnak Anda tidak doyan makan? Jangan khawatir, masalah ini memang umum terjadi pada anak-anak. Biasanya setelah memasuki fase batita, ia akan semakin mengenal jenis-jenis makanan dan minuman. Terkadang beberapa anak hanya ingin mengonsumsi makanan yang ia sukai saja. Padahal yang ia sukai belum tentu mencukupi kebutuhan gizi hariannya. Salah satu cara agar nafsu makan anak meningkat adalah mengajaknya makan di tempat yang memiliki tempat wisata edukasi anak atau mengajak anak makan di restoran ramah anak.   Biasanya restoran seperti itu juga menyediakan makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi anak, tetapi menyajikannya dengan cara yang unik dan menarik. Siapa tahu, ia menjadi lebih tertarik dan bersemangat untuk menyantap makanan. Namun demikian, tidak mungkin dong setiap kali makan Anda harus mengajak sang anak ke restoran? Karena itu, coba terapkan beberapa cara berikut ini!

  • Memvariasikan menu

Mungkin alasan mengapa anak Anda tidak mau makan adalah karena bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Maklum saja, anak-anak memang cenderung cepat bosan, apalagi kalau soal makanan. Karena itu, Anda harus lebih memvariasikan menu harian untuk sang anak. Sekarang ini sudah banyak sumber yang menyediakan berbagai resep makanan yang unik dan kreatif. Anda bisa coba untuk membuatnya.

  • Jangan memaksa

Anda mungkin sudah berusaha menawarkan anak untuk makan tetapi ia tetap menolaknya. Meskipund begitu, jangan memaksa anak untuk makan saat itu juga. Saat anak Anda menolak untuk makan, tetaplah bersikap tenang. Jangan memaksa apalagi memarahinya. Coba tanyakan alasan mengapa ia tidak mau makan. Jika Anda memaksa, si kecil justru akan merasa tertekan dan menjadi rewel.

  • Coba tawarkan dengan porsi kecil

Anak Anda mungkin tidak merasa lapar saat ditawarkan makan. Oleh karena itu, jangan menyajikan makanan dengan porsi besar sehingga membuat si kecil malas untuk mengonsumsinya. Coba sediakan makanan dalam porsi kecil agar anak Anda mau makan.

  • Jadi contoh yang baik

Jika anak Anda tidak suka makan sayur atau buah, maka Anda bisa mencontohkan kepadanya. Anda sendiri harus suka mengonsumsi sayur dan buah dan tunjukkan kepadanya. Bilang kepada anak betapa lezatnya rasa sayur atau buah yang Anda makan.

Semoga sukses ya Mom! (Rima)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *