ganti oli mobilSebelum melakukan perjalanan jauh, melakukan pengecekan kualitas dan jumlah oli merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebab, hal ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan kelancaran Anda selama dalam perjalanan. Jika saat peengecekan oli ternyata kualitas oli sudah tidak lagi bagus, maka melakukan ganti oli mobil terbaik agar dapat kembali berfungsi maksimal melumasi mesin mobil. Lalu bagaiman jika kondisinya hanya cairan oli yang berkurang dan berada di bawah batas minimum?

Anda pasti menjawabnya dengan jawaban paling sederhana, yaitu tinggal menambahnya saja. Memang, cara tersebut tidaklah salah. Namun, Anda tidak boleh asal saja menambahkan oli tanpa memperhatikan jenis oli yang ada dalam tangki oli mesin mobil Anda saat ini.

Pada dasarnya, oli itu sama seperti obat yang Anda minum saat sakit, sama-sama mengandung zat kimia. Ketika Anda mengonsumsi berbagai obat secara bersamaan tanpa tahu kandungan di dalamnya dadn tanpa arahan dari dokter, bisa saja reaksi kimia dari zat yang terkandung dalam obat justru berbahaya bagi Anda. Sama halnya dengan kandungan kimia pada oli. Meskipun memiliki tujuan yang sama, yaitu melumasi, tetapi kandungan zat kimia yang ada dalam oli setiap brand berbeda. Tidak hanya setiap brand saja, dalam satu brand tetapi beda tipe oli saja, bisa memiliki kandungan zat kimia yang berbeda. Masalahnya adalah, Anda tidak tahu zat kimia apa saja yang terkandung karena sering kali beberapa kandungan tersebut tidak tertulis dalam kemasan.

Ketika Anda mencampurkan oli, maka akan terjadi reaksi dari zat-zat kimia yang terkandung dalam oli lama maupun baru. Hasilnya? Bisa sangat beragam. Ada yang bahkan bisa membuat oli membentuk seperti lumpur sehingga tidak mampu melumasi mesin dan justru membuat mesin macet tidak bisa bergerak. Jika sudah begini, Anda sendiri yang akan repot, kan?

Agar Anda tidak mengalaminya, ada baiknya jika Anda lebih memperhatikan jenis maupun brand dari oli mobil yang Anda gunakan. Jika Anda mengganti oli di bengkel resmi maupun tidak, anda bisa menanyakan pada orang yang menangani mobil anda mengenai brand dan jenis oli yang digunakan. dengan begitu, anda bisa menambahkan oli dengan brand dan jenis yang sama saat diperlukan.(Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: