roti
image source: Huffington Post

Makan tidak teratur selama ini dianggap sebagai penyebab asam lambung naik atau kambuhnya maag pada seseorang. Itulah sebabnya para penderita maag akan berusaha untuk makan tepat waktu agar penyakit ini tidak kambuh. Namun terkadang ada hal yang membuat mereka tidak bisa mengonsumsi makanan utama tepat waktu, dan biasanya roti dipilih menjadi menu pengganti sementara hingga menemukan makanan utama. Alasannya karena setelah mengonsumsi roti perut akan terasa kenyang hingga beberapa saat.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata roti ternyata musuh besar bagi penderita maag?

Mungkin banyak dari kamu yang mengira roti aman untuk dikonsumsi setiap hari. Apalagi melihat banyaknya negara yang menjadikan roti sebagai makanan utamanya, bukan nasi atau sejenisnya. Sebenarnya, roti memang aman dikonsumsi setiap hari, namun tergantung pada jenis roti yang Anda konsumsi. Roti yang aman dikonsumsi bagi penderita maag adalah roti yang memiliki tekstur keras, dan tidak mengalami pengembangan saat proses memasak. Artinya, dalam proses pembuatannya roti tersebut tidak menggunakan ragi sehingga tidak mengalami proses fermentasi.

Yap, kandungan ragi inilah yang memiliki dampak negatif pada penderita maag. Sebab pada saat proses fermentasi akan ada mikroorganisme yang mengubah kandungan gula dan karbohidrat menjadi senyawa karbon dan alkohol yang bersifat asam. Senyawa inilah yang dapat meningkankan kadar gas dan asam dalam lambung yang akhirnya membuat maag kambuh.

Jadi, apakah itu artinya roti tidak aman untuk dikonsumsi?

Tentu saja tidak begitu. Roti tetap aman untuk dikonsumsi Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit maag. Sementara itu, untuk Anda dengan riwayat penyakit maag, sangat disarankan untuk tidak menjadikan makanan ini sebagai menu pengganjal perut sebelum mengonsumsi makanan utama. Anda boleh mengonsumsinya namun tidak saat perut dalam kondisi kosong. Selain itu, Anda juga tetap harus membatasi jumlah roti yang dikonsumsi. Atau jika Anda ingin benar-benar aman, Anda bisa mengonsumsi roti tanpa ragi yang memiliki tekstur lebih keras. Anda bisa membuatnya menjadi sandwich supaya roti ini menjadi lebih menarik untuk dikonsumsi. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: