Begini Tips Memasang Jendela Rumah

 

jendela
image source: thisiscolossal

Jendela UPVC ataupun jendela dari material apapun merupakan salah satu bagian yang harus ada pada setiap rumah, namun terkadang menjadi hal yang sering terlupakan saat membangun rumah. Bukan berarti tidak ada jendela, namun terkadang pemasangan nya tidak terlalu memperhatikan aturan yang benar. Padahal jendela ini berperan penting untuk menyalurkan sirkulasi udara, baik itu yang datang dari luar maupun di dalam ruangan rumah. Adanya jendela ini pun dapat membantu memberikan pencahayaan yang cukup untuk sebuah rumah, sehingga pada siang harinya penghuni tidak harus lagi menyalakan penerangan tambahan.

Namun, agar tampilan jendela ini terlihat lebih cantik dan tidak mengganggu penghuni rumah, maka berikut ini kami berikan sedikit tips cara pemasangan jendela yang benar. Simak, deh!

  • Pasang jendela di bagian selatan maupun utara. Jika mengikuti aturan, memang sebaiknya jendela rumah dipasang di bagian utara dan selatan, karena bagian ini bisa mengatasi masuknya sinar matahari langsung dari luar rumah. Akan tetapi, sayangnya tidak semua jenis rumah dapat dipasang di kedua bagian ini, maka dari itu apabila ini terjadi maka pastikan Anda memasang jendela tersebut di bagian sebelah timur karena bagian ini masih tidak terlalu dimasuki oleh paparan cahaya matahari.
  • Desain jendela dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan. Saat pemasangan, pastikan Anda sudah mengukur dengan pasti seberapa besar ukuran yang akan dipasang untuk rumah Anda. Umumnya, khusu untuk ruang tamu dan ruang keluarga, jendela yang digunakan biasanya berukuran lebih besar dibandingkan dengan kamar tidur. Untuk ukuran jendelanya sendiri sekitar 60 cm sampai dengan 80 cm.
  • Hindari penggunaan jendela yang terlalu lebar. Sebenarnya, tidak ada aturan khusus untuk bagian ini. Namun, untuk menghindari supaya tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan di kemudian harinya, alangkah baiknya Anda menghindari pemasangan jendela dengan ukuran yang terlalu lebar. Hal ini karena jendela yang terlalu besar sangat mudah dipecahkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terlebih jika jendela tersebut tidak diberi sekat seperti besi maupun penyangga lainnya.

Itulah sedikit tips yang bisa diterapkan apabila ingin memasang jendela untuk rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *