Buat kamu yang sering menggunakan perangkat elektronik berupa laptop atau komputer, kamu harus mulai berhati-hati. Sebab ada sebuah virus bernama ransomware wannacry yang sedang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Jika kamu sering menggunakan internet atau bahkan wifi di tempat umum, kamu patut berjaga-jaga sebab virus ini bisa meretas komputer dan mengenkripsi data-data pentingmu. Hal yang menghebohkan untuk semua kota-kota besar di Indonesia. Sudah banyak provider internet Jakarta ataupun kota lain memilih memutuskan koneksi untuk sementara waktu agar bisa memproteksi data klien mereka dari virus ini.

Lantas bagaimana tanda sebuah komputer sudah terjangkiti virus ini? Nah, yang paling terlihat adalah munculnya pop up window berwarna merah yang berisi pesan bahwa semua data telah dienkripsi.

Berikut adalah tulisan yang muncul di layar begitu kamu mengaktifkan komputermu:

info Ransomware WannaCry
source: India Today Group

Apa yang terjadi dengan komputer saya?

File penting Anda akan dienkripsi. Banyak dokumen, foto, video, database, dan file lainnya yang tidak dapat diakses lagi karena sudah dienskripsi. Mungkin Anda sibuk mencari cara untuk memulihkan file Anda, tapi jangan buang waktu. Tidak ada yang bisa memulihkan file Anda tanpa layanan enkripsi kami.

Dapatkah saya mengembalikan file saya?

Bisa. Kami jamin Anda dapat mendapatkan semua file Anda dengan aman dan mudah. Akan tetapi, Anda tidak memiliki waktu yang cukup. Anda bisa mendeskrip beberapa file Anda secara gratis. Coba sekarang dengan mengeklik <Decrypt>.

Tapi, jika Anda ingin mendekripsi semua file Anda, Anda perlu membayar. Anda hanya memiliki 3 hari untuk mengirimkan pembayaran. Setelah itu harga akan berlipat ganda. Dan jika Anda tidak membayar dalam 7 hari, Anda tidak akan bisa memulihkan file Anda selamanya.

Tulisan tersebut bisa muncul dalam berbagai bahasa karena wannacry ini sifatnya multilangual dan menyerang komputer di seluruh dunia. Menurut berbagai sumber, sudah ada lebih dari 25 bahasa yang tercantum dalam pesan di pop up window tersebut.

Tanda lainnya bisa dilihat dari wallpaper Windows di komputer atau laptop kamu. Biasanya, wallpaper ini berwarna hitam dengan tulisan “Ooops, your important files are encrypted”.

Ransomware WannaCry
source: Network World

Semua data yang ada di komputer tidak bisa dibuka, bahkan untuk sekadar membaca atau melihat isinya. Ada pula tampilan hitung mundur yang meminta kamu untuk segera membayar tebusan. Jika tidak, maka semua file mu akan hilang selamanya. Bahkan aplikasi menghilang stress di kantor yang sudah diunduh pun akan hilang semua.

Seram sekali, ya! (Tari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: