Feng Shui
source image: CCTV America

Lubang pembuangan kotoran atau septic tank merupakan satu hal yang wajib ada di sebuah bangunan. Pasalnya dengan keberadaan septic tank, sistem sanitasi yang menggunakan pipa di bangunan tersebut bisa dipantau dan juga diawasi. Nah, sayangnya, meski keberadaannya cukup penting dan signifikan, septic tank ini masih mendapat perhatian sepele dari penghuni, lho. Salah satunya saja di rumah tinggal. Coba lihat rumah Anda: di mana Anda meletakkan septic tank di rumah? Bagaimana cara penentuan lokasi lubang pembuangan kotoran tersebut untuk memastikan tangki septic berumur panjang? Sesuka hati atau sesuai dengan keinginan Anda saja. Mungkin Anda hanya terfokus memilih jenis pipa berdasarkan material yang tepat agar tidak terjadi masalah pada sistem pembuangan ini, tanpa berpikir berbagai faktor lainnya.

Menurut pakar fengsui, septic tank tidak boleh sembarang ditempatkan begitu saja di rumah. Peletakannya harus disesuaikan agar tidak berdampak buruk bagi penghuninya. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan untuk penempatan septic tank ini? Berikut detailnya:

Lakukan perhitungan terhadap penghuni terutama kepala keluarga. Menurut pakar fengsui, septic tank harus diletakkan di bagian negatif dari rumah. Untuk penentukan lokasi pun dibutuhkan perhitungan. Perhitungan ini dilakukan dengan melihat tanggal lahir (kua). Misalnya, kepala keluarga memiliki kua 8 (masuk ke kelompok barat). Maka, septic tank sebaiknya diletakkan di sisi tenggara atau timur rumah karena bagian barat, barat daya, barat laut, dan timur laut merupakan bagian positif dari rumah.

Meletakkan septic tank di halaman depan rumah tidak selalu buruk. Hampir sebagian besar masyarakat menyimpan septic tank mereka di halaman depan rumah. Hal ini tidak sepenuhnya salah, sebab siapa tahu halaman rumah masih masuk ke dalam kotak negatif seperti yang sudah dibahas di poin satu. Jadi, penempatannya kembali lagi pada perhitungan kua.

Jarak antara sumur dengan septic tank wajib diperhatikan. Untuk mengantisipasi kebocoran septic tank yang bisa mencemari sumur, maka jarak antara keduanya harus diperhatikan. Tidak perlu terlalu jauh, namun juga tidak boleh terlalu dekat.

Salah penempatan septic tank bisa berakibat pada kehidupan. Menurut fengsui, jika penghuni tanpa sengaja meletakan septic tank pada kotak positif di rumah, maka dampaknya bisa negatif pada kehidupan sehari-hari. Jalan lain untuk mengatasinya adalah dengan memindahkan lokasi septic tank ke kotak negatif.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak meletakan septic tank di rumah Anda. Semoga bisa membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *