Bebas Flu dan Batuk Saat Musim Hujan

sakit flu
image source: bellyblog

Di musim hujan seperti sekarang, flu dan batuk merupakan penyakit yang sangat mungkin menyerang Anda. Ketika flu sudah menyerang, untuk beraktivitas pun rasanya susah. Tentunya hal ini akan mengganggu produktivitas harian Anda. Sebetulnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari virus flu dan batuk di musim hujan ini. Salah satunya adalah dengan rajin minum air putih (lebih baik lagi jika airnya adalah air hidrogen karena manfaat air hidrogen bisa membantu meningkatkan sistem imun) dan istirahat yang cukup. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba beberapa saran berikut ini:

  1. Konsumsi vitamin C. Salah satu penyebab mengapa seseorang bisa terserang flu dan batuk adalah karena sistem imun yang rendah. Untuk itu, agar pertahanan tubuh Anda bisa meningkat, sebaiknya konsumsi vitamin C untuk membantu menjaga sistem imun. Buah-buah yang mengandung vitamin C di antaranya adalah jeruk, jambu, dan juga anggur, serta sayur seperti brokoli, tomat, dan juga kentang. Lengkapi pula dengan suplemen vitamin C agar kesehatan Anda lebih terjaga.
  2. Jangan makan sembarangan. Hindari mengonsumsi makanan yang dijual di pinggir jalan atau yang dipertanyakan kebersihannya. Patut diingat bahwa saat musim hujan, banyak virus dan bakteri yang tersebar di jalan dan bisa menempel pada makanan. Biasakan untuk makan makanan rumahan yang terjaga kebersihannya dan jangan makan sembarangan.
  3. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Seperti yang sudah disinggung di atas, salah satu cara untuk menghindari flu dan batuk di musim hujan seperti sekarang adalah dengan banyak minum air putih. Pasalnya, tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh bisa membantu untuk mengeluarkan sisa metabolisme dan racun melalui urine, terlebih jika air yang dikonsumsi merupakan air hidrogen. Tidak hanya itu, rajin minum air juga bisa membantu Anda untuk terhindar dari batuk serta flu. Jadi, jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air minimal 8 gelas perhari, ya.
  4. Rajin cuci tangan. Penularan virus flu dan batuk bisa tersebar melalui tangan juga, lho. Untuk itu, rajin-rajinlah mencuci tangan dan jaga kebersihan diri. Biasakan untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir setiap habis dari toilet, setelah bersih-bersih, sebelum makan, setelah memegang benda, dan lain sebagainya.
  5. Tidur yang cukup. Selain beberapa hal di atas, pastikan pula bahwa setiap harinya Anda mendapatkan tidur yang cukup dan beristirahat dengan baik. Ketika Anda tidur dengan nyenyak dan cukup istirahat, maka tubuh pun menjadi lebih segar dan sistem pertahanan tubuh menjadi lebih kuat. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah terserang flu dan batuk.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah terserang flu dan batuk saat musim hujan. Semoga membantu dan selamat mencoba. Tetap jaga kesehatan, ya!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *