Bayi Tidak Mau Minum ASI? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

bayi tidak mau asi
image source: BellyBelly

Tak jarang, meski ibu telah melakukan berbagai hal seperti mengonsumsi minuman pelancar ASI agar dapat memproduksi ASI dengan maksimal, masih saja sang bayi tidak mau minum ASI. Padahal ASI eksklusif wajib diberikan selama 6 bulan.

Tanpa ASI eksklusif, ketahanan tubuh bayi bisa cenderung lebih lemah dan risiko bayi terkena penyakit kronis lebih mungkin terjadi. Karenanya, banyak ibu yang panik dan khawatir saat bayinya tidak mau meminum ASI. Namun, Anda tak perlu khawatir dan menyerah begitu saja karena masih banyak hal-hal yang bisa dilakukan agar bayi mau minum ASI. Salah satu caranya adalah mencari tahu penyebab bayi tidak mau mengonsumsi ASI terlebih dahulu. Nah, berikut inilah faktor-faktor yang mungkin menyebabkan bayi Anda tidak mau meminum ASI. (sc: hamil.co.id)

Bayi Jarang Mendapatkan ASI

Ada beberapa ibu yang sulit untuk memproduksi ASI. Jika Anda jarang memberikan ASI pada bayi, otomatis produksi ASI juga akan berkurang dan bisa membuat bayi merasa asing dengan payudara. Jadi, meskipun ASI sulit untuk keluar, jangan pesimis dan teruslah mencoba untuk menyusui bayi Anda agar produksi ASI lancar dan bayi pun terbiasa mengonsumsi ASI.

Bayi Terbiasa Meminum Susu dari Botol

Selain kemungkinan bayi jarang mendapatkan ASI, ada juga kemungkinan bayi lebih sering mengonsumsi ASI atau susu formula melalui botol. Jika sudah terbiasa mengonsumsi susu dari botol, bukan hal yang tidak mungkin jika si bayi bingung dan menolak untuk menyusu langsung. Karenanya, atur jadwal yang Anda miliki, jangan sampai sang bayi lebih sering mengonsumsi susu dari botol.

Posisi Menyusui yang Kurang Tepat

Bayi tidak mau minum ASI bisa jadi disebabkan oleh posisi yang kurang tepat sehingga bayi kesulitan untuk menghisap dan menelan ASI. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui posisi menyusui yang benar. Pastikan posisi bayi miring, dan kepalanya lebih tinggi dari tubuhnya. Selain itu, pastikan bayi menghisap ASI dengan benar agar ASI yang keluar juga lebih banyak.

Sedang Tidak Enak Badan

Selain tiga hal di atas, bayi bisa saja mogok mengonsumsi ASI karena sedang merasa tidak enak badan. Kondisi bayi yang lemas membuatnya kesulitan untuk menghisap ASI sehingga ia tidak mau meminum ASI.

Selain beberapa penyebab di atas, bisa juga bayi enggan menyusu karena merasa tidak nyaman dengan implan payudara yang dilakukan oleh ibu menyusui. Namun ini bukanlah masalah besar karena bisa dicari solusinya. Intinya, para ibu harus lebih peka lagi terhadap kondisi bayi sehingga bisa mencarikan solusi supaya bayi mau meminum ASI kembali. (Rima)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *