coworking space
image source: catjohnson.co

Bekerja memang membutuhkan tempat kerja khusus untuk memaksimalkan produktifitas dalam bekerja. Ada banyak hal yang harus jadi pertimbangan untuk memilih jenis kantor yang cocok dengan jenis pekerjaan Anda. Misalnya saat menentukan ingin memilih antara shared office atau private office yang lebih sesuai untuk Anda. Misalnya, jika Anda berprofesi sebagai frelance, memanfaatkan Shared Office Space For Rent bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain murah, sekarang ini ada banyak sekali penyedia layanan penyewaan shared office yang sudah dilengkapi dengan latest technology dan pastinya hassle free yang bisa Anda gunakan. Namun demikian, bagi Anda yang memutuskan untuk menggunakan shared office alih-alih kantor konvensional, ada beberapa basic etiquette yang harus diperhatikan. Cek beberapa hal ini, ya:

  • Bersihkan dan rapikan. Clean up after yourself. Meski ada petugas yang secara khusus bekerja untuk membersihkan dan merapikan ruang kerja, bukan berarti Anda bisa bertingkah seenaknya di shared office. Jika Anda mengambil sesuatu dari pantry, sebaiknya simpan kembali ke tempatnya setelah selesai digunakan. Begitu juga ketika Anda menggunakan alat-alat kantor dan perangkat lainnya. Bawa gelas dan tempat makan yang sudah digunakan ke pantry, bersihkan meja Anda, dan buang sampah pada tempatnya. Be consideate to others, karena Anda tak menggunakan ruang kantor ini seorang diri. Menjaga agar ruang kantor terasa bersih dan nyaman merupakan tugas pengguna shared office, dengan demikian suasana bekerja pun terasa kondusif.
  • Bicara dengan perlahan saat mengangkat telepon. Berkomunikasi dengan rekan kerja melalui telepon memang sudah menjadi rutinitas sehari-hari demi memastikan flow kerjaan berjalan dengan rapi dan sesuai timeline. Namun demikian, jangan lupa pula memerhatikan basic phone etiquette ketika Anda berada di shared office. Jangan sampai Anda berbicara dengan suara keras dan mengganggu konsentrasi pengguna ruangan di sana. Jika memang Anda butuh berbicara dengan suara keras atau tengah berdebat dengan rekan kerja, baiknya angkatlah telepon di luar ruangan.
  • Gunakan alat tulis milik sendiri. Beberapa shared office memang menyediakan office supplies di kantornya. Jika Anda kebetulan mendapatkan kantor yang seperti ini, maka beruntunglah Anda. Sebab Anda tak perlu repot membawanya sendiri dari rumah. Namun demikian, jika kantor tidak menyediakan, bawalah semua alat tulis yang dibutuhkan setiap hari. Jadi, Anda tak perlu mengganggu orang lain dengan meminjam alat tulis mereka sepanjang waktu.
  • Jangan pakai parfum berlebihan. Sure, untuk membuat orang lain tetap nyaman dan menghalau bau tak sedap, Anda mungkin memakai parfum. Namun demikian, mayoritas orang melakukannya secara berlebihan. Mereka menggunakan parfum dengan bau yang agak menyengat, sehingga sangat mengganggu. Untuk itu, pilihlah parfum yang memiliki wangi lembut dan juga tidak mengganggu.

Itu dia beberapa basic etiquette yang sebaiknya Anda perhatikan saat bekerja di shared office. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: