Awas, Ternyata Hal Ini Bisa Mengganggu Daya Tahan Tubuh

kesehatanAda banyak hal yang bisa mengganggu daya tahan tubuh Anda, terlebih di musim hujan seperti sekarang. Tubuh yang lelah, cuaca yang terus berubah, dan daya tahan tubuh yang lemah membuat Anda menjadi lebih mudah terserang penyakit. Istirahat yang cukup, minum banyak air, hingga menggunakan manfaat air hidrogen bisa menjadi cara agar daya tahan tubuh Anda tidak terganggu. Hanya saja, tanpa disadari, Anda seringkali melakukan hal-hal yang sebetulnya bisa mengganggu daya tahan tubuh. Di antaranya adalah:

  1. Waktu tidur yang kurang. Mengalami kurang tidur setiap hari tidak hanya bisa mengganggu kestabilan emosi saja, tetapi juga bisa merusak daya tubuh Anda. Pasalnya, ketika Anda kurang tidur setiap hari, daya tahan tubuh melemah dan tubuh pun akan menjadi lebih mudah terserang penyakit. Entah itu flu, mood yang naik turun,hingga sulit konsentrasi. Ketika Anda mendapatkan cukup tidur, maka di pagi hari pun Anda akan merasa lebih baik dan bersemangat untuk menjalani hari.
  2. Jarang beraktivitas fisik. Saat bekerja di kantor, Anda mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di tempat duduk dan jarang menggerakkan anggota badan. Nah, inilah yang berbahaya. Terlalu lama duduk dan jarang bergerak akan mengganggu daya tahan tubuh Anda. Sebab itu artinya, Anda menjalani hari demi hari tanpa olahraga dan hanya menggerakkan anggota badan dalam lingkup yang minimum saja.
  3. Banyak pikiran. Banyak pikiran dan juga stres akan memicu hormon yang bisa mengganggu kekebalan tubuh Anda. Pasalnya, ketika stres maka produksi hormon kortisol pun akan meningkat. Akibatnya, sel-sel kekebalan tubuh seperti sel T dan B akan menjadi rusak. Dengan demikian, Anda pun menjadi lebih mudah terserang penyakit dan mudah drop.
  4. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Nah, untuk Anda yang terbiasa mengonsumsi alkohol, coba deh kurangi kebiasaan ini. Sebab terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa mengurangi fungsi sel darah putih. Padahal, sel darah putih ini sendiri merupakan senjata utama untuk kekebalan tubuh manusia.

Ternyata, hal-hal sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas bisa merusak daya tahan tubuh Anda, lho. Untuk itu, mulai sekarang kurangi melakukan hal-hal tersebut agar Anda bisa tetap sehat, ya! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *